Lewat Senasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unmer Malang Gali Potensi Periklanan Digital dan Konvensional

KOTA MALANG – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial & Politik Universitas Merdeka (FISIP Unmer) Malang menggelar Seminar Komunikasi (Senasi) dengan tema “Brilliant Advertising : Digital vs Conventional” pada Kamis (27/6) di ruang PPI, Gedung Rektorat Unmer Malang.

Sebagaimana diketahui dunia periklanan turut berkembang seiring dengan kemajuan zaman yang mengarah pada era Revolusi Industri 4.0. Sarana media sosial dan digital banyak diminati oleh produsen untuk mengiklankan barang dan jasa. Walaupun demikian, bagi sebagian orang memasang iklan melalui media cetak konvensional seperti Koran, tabloid dan majalah masih cukup diminati.

Untuk membahas paradigma tersebut dua narasumber dihadirkan yaitu Direktur Jawa Pos Radar Malang, Kurniawan Muhammad dan Pakar Periklanan, Yufi Firdiansyah. Sebagai pelaku periklanan, Yufi dikenal sebagai creative director dari beberapa iklan. Pria asal Jakarta ini berbagi tips tentang proses kreatif dan kiat-kiat mempromosikan portofolio kepada calon konsumen.

Berikutnya, Kurniawan menjelaskan tentang potensi iklan di media cetak. “Radar Malang tetap bertahan sebagai salah satu harian terbesar di Malang dan kami tetap optimis karena masyarakat Malang masih membutuhkan Koran sebagai media informasi efektif,” tutur Kurniawan. Walaupun demikian Radar Malang saat ini juga menyesuaikan diri dengan turut merambah dunia online.

Melalui Senasi, diharapkan mahasiswa dapat termotivasi untuk menggeluti dunia advertising dan jurnalistik. Dengan dukungan teknologi informasi, mahasiswa dapat semakin mudah untuk mempromosikan keahlian dan potensi yang dimiliki agar dikenal oleh masyarakat luas.



Penyunting: Kholid Amrullah