Lewat MODIS, Puskesmas Ciptomulyo Kota Malang Ajak Masyarakar Disiplin Minum Obat

KOTA MALANG – Bagi lansia, khususnya yang sudah memiliki gejala pikun, kegiatan simpel rutin seperti meminum obat bisa jadi dilupakan. Atas dasar hal tersebut, Puskesmas Ciptomulyo Kota Malang membuat program bertajuk MODIS atau yang disingkat Minum Obat Disiplin Inspirasi Sehat.

“Di sini kita punya pasien hampir 100, yang rutin checkup 70 orang dan kebanyakan lansia sekitar usia 40 keatas, maka kita punya ide inovasi untuk membuat kartu MODIS ini,” sebut Sulistiarini Amd Keb, penanggungjawab Penyakit Tidak Menular Puskesmas Ciptomulyo.

Wanita yang juga yang mengelola Prolanis di Puskesmas yang berlokasi di Jalan Kolonel Sugiono 8 No. 54, Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang ini mengaku menerapkan program ini sejak tahun lalu.

Programnya yakni tiap pasien yang mengidap Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti stroke, diabetes, atau darah tinggi yang diharuskan rutin menkonsumsi obat diberikan jadwal minum obat yang nantinya harus dicentang sendiri oleh pasien usai mereka meminum obat.



“Di sana sudah ada jadwal-jadwalnya pukul berapa harus minum obat, jadi mempermudah pasien,” paparnya.

Puskesmas Ciptomulyo sendiri juga rutin mengadakan senam sehat bersama Pronalis tiap Kamis pukul 07.00 pagi. “Senam rutin tiap minggu, nantinya ada juga pemeriksaan tensi dan edukasi. Di minggu keempat akan ada edukasi dari dokter di puskesmas,” tandasnya.

Pemeriksaan laboratorium disebut Sulis juga bakal dilakukan tiap 6 bulan sekali kepada semua pasien yang terdaftar Pronalis di Puskesmas Ciptomulyo. Bahkan, jika memang ada pasien yang menderita komplikasi hanya bisa terbaring di kasur, Puskesmas Ciptomulyo mengaku tidak ragu untuk mendatangi pasien langsung jika memungkinkan untuk memberikan support secara psikologis dan medis.

Program yang sigagas Sulis ini mendapat feedback positif dari Kepala Puskesmas Ciptomulyo, Dr Edy Dwitanto. Edy mengatakan sudah seharusnya tugas Puskesmas untuk mengayomi dan melakukan maintain kepada pasien.

“Kita ini kan berbeda dengan rumah sakit, sebagai Puskesmas kita harus berperan aktif turun ke masyarakat sekitar, tujuannya untuk memberi inovasi-inovasi semacam ini,” tutupnya.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Elfran Vido