Lewat Game, Budaya Indonesia Dikenalkan ke Mancanegara

JawaPos.com – Untuk mengenalkan budaya Indonesia yang kaya dan beragam ke mancanegara, banyak cara ditempuh. Salah satu yang dilakukan adalah melalui media game.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggandeng developer game lokal Agate untuk membuat game untuk memperkenalkan pariwisata di Indonesia. Tujuan dari kerja sama ini disebut untuk mendorong bertambahnya wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Indonesia, terutama dari Singapura dan Malaysia.

“Tempat-tempat wisata Indonesia yang terkenal dan unik, ditonjolkan dalam bentuk permainan interaktif yang memberikan pengalaman langsung kepada pemain. Diharapkan dengan adanya metode ini jumlah wisatawan asing yang berlibur ke Indonesia akan bertambah,” ujar pihak Agate dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com.

Nantinya, game ini akan dapat dinikmati di smartphone dan dapat ditemukan di Google Play Store. Dua produk Agate yang sudah berada di pasaran saat ini yaitu, Onet Asli dan Crossword Go yang telah dimodifikasi khusus untuk server global.



Modifikasi yang diberikan berupa pemberian gambar yang menunjukkan ciri khas budaya Indonesia, seperti pemberian art flora maupun fauna khas Indonesia pada game Onet Asli dan pertanyaan seputar wisata Indonesia pada game Crossword Go.

Game Crossword Go sendiri merupakan game duplikasi dari Teka Teki Silang (TTS). Bedanya, penggunaan Bahasa di game Crossword Go diubah menjadi bahasa Inggris. Di dalam game ini, pemain ditantang untuk menjawab pertanyaan dengan satu kata yang dibuat dari huruf-huruf yang dicocokkan.

Pemain juga akan diberi beberapa item bantuan untuk menjawab pertanyaan. Setelah berhasil menjawab semua pertanyaan, pemain akan mendapatkan satu stiker daerah di Indonesia. Seiring permainan, pemain akan disuguhi latar belakang pemandangan Indonesia dengan tema pariwisata yang unik.

Tidak kalah serunya dengan game Crossword Go, pada game Onet Asli pemain diminta untuk mencocokkan dua gambar dari deretan gambar yang disediakan. Ikon-ikon yang ditunjukkan merupakan karakter fauna dan flora dari Indonesia. Penggunaan ikon khas ini tujuannya adalah mengenalkan keberagaman yang ada di Indonesia.

Melalui game ini, para pemain ditantang untuk meraih nilai tertinggi serta waktu tercepat untuk memecahkan teka-teki. Game Onet Asli ini pun diklaim banyak digemari oleh pemainnya.

Sebagai informasi, dikutip JawaPos.com dari data Kemenpar, jumlah wisatawan mancanegara asal Malaysia ke Indonesia sejak awal 2019 hingga akhir Juni lalu secara keseluruhan mencapai 1.602.085 wisman. Angka tersebut meningkat sebesar 24,56 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya mencapai 1.286.202 Wisman.

Sementara untuk Wisman asal Singapura, tercatat pada periode Januari hingga Juni 2019 sebanyak 925.838 wisman. Pada tahun sebelumnya di periode yang sama ada kunjungan 794.987 wisman. Artinya, kunjungan wisman asal Singapura pada Januari hingga Juni 2019 tercatat meningkat sebesar 16,46 persen.