Lepas Bu Ani di TMP Kalibata, Jokowi: Indonesia Kehilangan Tokoh Wanita Terbaik

Lepas Bu Ani di TMP Kalibata, Jokowi: Indonesia Kehilangan Tokoh Wanita Terbaik - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara pada upacara militer pemakaman jenazah mantan Ibu Negara Kristiani Herrawati Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6) pukul 15.00 WIB. Dalam kesempatan itu Jokowi juga menyampaikan sambutannya.

Berpakaian jas dan pantalon serba-biru, Jokowi mengawali pidatonya dengan kalimat inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Presiden Ketujuh RI itu mengatakan, Indonesia berkabung dengan kepergian tokoh yang kondang dengan panggilan Bu Ani Tersebut.

“Kita, bangsa Indonesia kehilangan salah seorang tokoh wanita Indonesia terbaik, seorang ibu negara yang penuh kasih sayang, pejuang kemanusiaan yang tulus, ibu dari sebuah keluarga panutan yang senantiasa memberi inspirasi dan teladan, sebagai seorang ibu, seorang istri dan ibu negara,” ucap Jokowi.

Baca juga: SBY: Good Bye, Semoga Engkau Hidup Tenang



Mantan Gubernur DKI itu mengharapkan Bu Ani meninggal dengan husnulkhatimah. Jokowi juga mendoakan keluarga besar Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) senantiasa diberi kesabaran dan ketabahan.

“Beliau meninggalkan kita semua pada bulan Ramadan, bulan yang sangat baik, bulan diturunkannya Alquran, penuh berkah, penuh ampunan dan penuh rahmat. Beliau meninggalkan kita semua pada hari lailatulkadar. Semoga husnulkhatimah,” ucap dia.

Selanjutnya, Jokowi memuji peran Ani semasa hidup, terutama ketika mendampingi SBY memimpin Indonesia selama 2004-2014. Jokowi mengenang Bu Ani sebagai sosok yang aktif memberantas buta huruf, mengembangkan kerajinan nasional, memberdayakan kesejahteraan kaum perempuan dan anak-anak. 

“Almarhumah juga aktif dalam memberikan  pelayanan kesehatan, pelestarian budaya, dan rasa kepedulian dan masyarakat di daerah bencana dan konflik,” ucap Jokowi. Baca juga: Ibu Ani