Lenovo Kembali Gelar Turnamen e-Sports, Libatkan Gamer Perempuan

JawaPos.com – Lenovo kembali menggelar kompetisi e-Sports bergengsi tahunan Rise of Legion (RoL) dan Legion of Champions (LoC) seri ke-4. Kompetisi akan diadakan di Mall Taman Anggrek pada 9-10 November 2019. Kedua kompetisi itu telah menjadi bagian dari kompetisi gaming bergengsi tahunan yang diadakan oleh Lenovo sebagai bentuk dukungan terhadap kemajuan industri e-Sports di dunia. Kini, untuk pertama kalinya, Lenovo Legion juga menghadirkan kompetisi Legion of Valkyries (LoV) yang diadakan khusus bagi gamer perempuan.

Para gamer perempuan akan ditantang untuk bertanding game yang memicu adrenalin. Adapun game-game tersebut adalah Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO). Rise of Legion juga akan menggunakan dua game yaitu Player Unknown’s Battlegrounds (PUBG) dan DOTA2, sedangkan PUBG dan CS:GO akan digunakan untuk kompetisi Legion of Champions.

Legion of Champions adalah ajang kompetisi e-Sports bergengsi di Asia Pasifik yang diadakan Lenovo melalui kemitraan ekslusif dengan Intel. Pada tahun ini, LoC seri 4 disebut bakal menjadi yang terbesar karena turut melibatkan gamer dari 12 market termasuk Australia dan Selandia Baru yang akan ikut serta untuk pertama kalinya.

Kompetisi Rise of Legion juga tak kalah menarik, karena melibatkan ribuan gamer di seluruh wilayah Indonesia. Mereka telah mengikuti babak kualifikasi sejak Januari hingga Oktober 2019, sebelum bertemu di ajang grand final.

Country General Manager Lenovo Indonesia, Budi Janto menyampaikan, kompetisi LoC seri 4 dan RoL adalah bentuk komitmen Lenovo untuk mendukung industri e-Sports yang terus berkembang di dunia, termasuk Indonesia sebagai salah satu pasar e-Sports terbesar di Asia Pasifik. Seluruh pertandingan juga akan didukung dengan perangkat gaming Lenovo Legion.

Arena bertanding kompetisi e-Sports Lenovo di mall Taman Anggrek pada 9-10 November mendatang (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Pada seri sebelumnya, LoC III, yang diadakan awal tahun ini, lebih dari 8.000 gamer turut berpartisipasi. Acara ini dirancang untuk menumbuhkan komunitas game Asia yang sedang tumbuh serta memperkuat hubungan antara para penggemar game dengan tujuan dan misi yang sama.

Rangkaian Legion Gaming PC sendiri disebut telah dikembangkan melalui kolaborasi aktif dengan komunitas game, dengan menghadirkan inovasi terbaru yang menawarkan desain sesuai dengan kebutuhan avid gamer modern sesuai kebutuhan para gamer.

Dalam kesempatan yang sama, Consumer Marketing Lead Lenovo Indonesia, Diantika, mengatakan telah melakukan roadshow ke enam kota yaitu Jakarta, Medan, Surabaya, Makassar, Jogjakarta, dan Semarang. “Kami melakukan roadshow untuk nge-grooming local gamers yang tidak punya kesempatan ke kota-kota besar. Jadi mereka punya kesempatan jenjangnya, dari lokal menang ke Jakarta, dan tidak menutup kemungkinan juga ke LoC tingkat Asia Pasifik,” kata Diantika.

Sementara, kompetisi khusus untuk gamer perempuan, LoV, menurut Diantika dibuat untuk mendorong lebih banyak gamer perempuan dalam industri e-Sports. Turnamen khusus perempuan ini juga disebut turnamen pertama yang dikhususkan untuk para gamer perempuan.

“Ini baru pertama kali. LoV kita bikin sendiri biar female itu berkompetisi. Kami melihat excitementnya bagus sekali, kita menerima 4 sampai 5 tim. Gamers perempuan sedang tren, namun bukan tim, melainkan secara individual. Sehingga, mencari anggota tim menjadi tantangan bagi gamers perempuan,” tandasnya.