Lelang Pasar Klewer Tunggu Perpres

JawaPos.com – Persiapan pembangunan atau revitalisasi Pasar Klewer sisi Timur sudah selesai dilakukan. Mulai dari penyiapan berkas lelang dan detail engineering design (DED). Namun untuk pelaksanaan lelang masih menunggu terbitnya Peraturan Presiden (Perpres).

“Kalau berkasnya sudah selesai sepenuhnya. Revisi juga sudah dilakukan dan sudah ditandatangani Pemkot Solo dan Kementerian PUPR. Tinggal lelang saja,” terang Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo Subagiyo, Selasa (26/2).

Rencananya, pembangunannya dibarengkan dengan sejumlah pasar lain di Indonesia. Subagiyo berharap turunnya Perpres bisa lebih cepat. Sehingga lelang bisa segera dilakukan dan evitalisasi bisa secepatnya dilaksanakan.

“Perkiraannya kalau nggak Maret ya April turun. Karena lelang ini harus menunggu Perpres dulu. Ya, harapan kami bisa dilakukan secepatnya,” ucapnya.

Revitalisasi Pasar Klewer sisi Timur estimasi waktunya sekitar tujuh bulan. Dengan sisa waktu yang ada, Subagiyo meyakini proyek yang sempat beberapa kali tertunda bisa dirampungkan tahun ini. “Kami harapkan revitalisasi Pasar Klewer bisa rampung tahun ini,” ucap harapnya.

Sesuai arahan dari Kementerian PUPR, Pasar Klewer akan menjadi pasar hijau. Yakni, pasar yang ramah lingkungan serta menyediakan ruang terbuka hijau. Dengan konsep tersebut maka pasar wajib memperkecil konsumsi listrik. “Nanti konsepnya pasar hijau. Jadi ada tamannya,” pungkas Subagiyo.

Editor           : Sofyan Cahyono

Reporter      : Ari Purnomo