Legislator Evaluasi Drainase

Pada musim penghujan ini, legislator memberi perhatian lebih terhadap drainase maupun jalan berlubang. Itu dilakukan untuk meminimalisasi banjir di Kota Pendidikan ini.

MALANG KOTA – Pada musim penghujan ini, legislator memberi perhatian lebih terhadap drainase maupun jalan berlubang. Itu dilakukan untuk meminimalisasi banjir di Kota Pendidikan ini.

Ketua Komisi C (Bagian Pembangunan) DPRD Kota Malang Bambang Sumarto menyatakan, pihaknya melibatkan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mengevaluasi pembangunan drainase dan perbaikan jalan. Di antara OPD yang dilibatkan adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) serta Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD). Masyarakat pun juga dilibatkan dalam evaluasi ini.

”Untuk penganggaran, akan dimasukkan dalam dana perawatan dan pemeliharaan, karena kalau dimasukkan dalam anggaran induk sudah tidak mungkin,” ujar politikus Partai Golkar itu kemarin (5/2).
Adapun besarannya tidak bisa diploting di awal. Sebab, setiap titik yang memerlukan perbaikan butuh anggaran yang bervariatif.

Lantas, mengapa tidak segera dilakukan perbaikan? Bambang menyatakan, saat ini kondisi cuaca tidak memungkinkan. ”Kalau diperbaiki sekarang lalu kena hujan, kan hanyut lagi nanti materialnya. Makanya, untuk sementara kami memasang penanda di tempat-tempat yang rawan,” ujar Bambang.

Keterlibatan masyarakat, masih kata Bambang, juga menjadi pertimbangan dinas PUPR dalam melakukan perbaikan. ”Masyarakat yang tahu kondisi lingkungan di sekitar tempat tinggalnya,” katanya.

Pewarta : Farikh Fajarwati
Penyunting : Mahmudan
Copy Editor : Arief Rohman
Foto : Rubianto