Ledakan Keras Terjadi di Kejari Parepare, Diduga Berasal dari Bom Ikan

JawaPos.com – Sebuah ledakan terjadi di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Parepare, Sulawesi Selatan, Selasa (19/11) sore. Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol M Iqbal membenarkan kejadian tersebut. Namun, belum banyak keterangan yang bisa dihimpun.

“Ya benar terjadi ledakan. Kita belum bisa menduga ledakan dari mana, sekira pukul 14.45 WIB itu terjadi ledakan di halaman belakang kantor Kejaksaan Negeri Parepare,” kata Iqbal di Jakarta Selatan.

Dia menyebut saat ini Kapolres Parepare AKBP Budi Susanto bersama jajarannya sedang melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk memastikan sumber ledakan. Serta mencegah ledakan susulan terjadi.

Atas dasar itu, Iqbal belum bisa memastikan ledakan tersebut apakah termasuk berdaya ledak tinggi atau rendah. “Kita belum bisa menyimpulkan. Tim analisis jibom sedang di TKP,” jelasnya.

Mantan Wakapolda Jawa Timur itu menyampaikan bahwa ledakan itu tidak menimbulkan korban jiwa. Kerusakan secara material pun belum bisa dilaporkan karena masih dilakukan olah TKP.

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Mukri mengungkapkan, ledakan bersumber dari bom ikan yang meledak. Bom ini berada di sebuah bak sampah. Saat peristiwa terjadi, ada seorang cleaning service yang tengah membakar sampah di situ. Mengakibatkan bom ikan itu ikut terbakar dan akhirnya meledak.

“Bak sampah itu kebetulan jadi tempat lokasi pemusnahan barbuk bom ikan. Jadi pas bakar sampah, rupanya kena itu barbuk,” kata Mukri.

Dia pun memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Kerusakan bangunan maupun material lainnya pun nihil.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Sabik Aji Taufan