Lebih Kuat di Leg Kedua

MALANG KOTA – Tanpa Makan Konate saja Arema FC bisa menang 4-1 atas Persita Tangerang, Sabtu (26/1). Lalu, sedahsyat apa performa Arema FC ketika gelandang berkewarganegaraan Mali itu sudah bisa bermain?

”Ada Konate, kami bisa menjadi lebih kuat,” kata pelatih Arema FC Milomir Seslija, pada sesi latihan di Stadion Cakrawala Universitas Negeri Malang

Milo memang belum pernah melatih Konate sebelumnya. Tapi, sebagai pelatih yang sudah berkecimpung di sepak bola Indonesia sejak 2016 lalu, dia tahu betul kualitas Konate.

Bahkan, sebelum resmi menjadi pelatih kepala, Milo lah yang mendorong manajemen Arema FC untuk memperpanjang kontrak Konate.

Meski waktunya bakal mepet bagi Konate, Milo percaya bahwa eks pemain Sriwijaya FC bisa cepat beradaptasi. Salah satu keunggulan Konate adalah kecepatannya dalam beradaptasi.



Musim lalu, Arema FC bergabung dengan skuad Arema FC pada 16 Juli. Tak sampai sepekan, dia langsung menjalani debut menghadapi Sriwijaya FC, di Stadion Jakabaring Palembang. Hasilnya, dia langsung memberikan kontribusi nyata dengan mengantarkan Arema FC menang 3-0.

Setelah itu, Konate menjadi bagian penting dalam perjalanan Arema FC di liga 1. Dia menjadi pencetak gol terbanyak Arema FC di liga 1 dengan 13 gol.

Selain Konate, hal lain yang membuat Milo yakin timnya bisa bermain lebih baik pada leg kedua adalah soal kondisi timnya yang makin kondusif. ”Kami optimistis, pemain sekarang ini senang dan mereka bisa menjadi lebih kompak. Itu bagus untuk tim,” ungkapnya.

Menjelang laga berikutnya, ada pekerjaan rumah lagi yang harus segera dibenahi. Yakni, performa pemain. Dengan gaya bermain yang menyerang dan pressing tinggi saat melawan Persita Tangerang lalu, sepertinya fisik pemain sempat kedodoran.

Apalagi, antara latihan yang kondisinya selalu hujan, berbeda saat bermain yang cuacanya cukup panas. ”Memang sudah meningkat, namun kami akan terus meningkatkan lagi kemampuan fisik mereka,” ungkap dia. Milo berharap, satu pekan sebelum pertandingan ini bisa dimanfaatkan untuk menggenjot fisik pemain.

Sementara itu, General Manajer Arema FC Ruddy Widodo menambahkan, secara fisik memang belum di level teratas para pemain. ”Keinginan pelatih kan memang menyerang dan pressing selama pertandingan, namun cuaca juga panas. Mereka juga baru latihan beberapa hari,” ungkap dia.

Namun, untuk pertandingan ke depan dipastikan lebih baik. ”Apalagi Konate kan sudah gabung,” kata dia.

Ruddy menyebut, playmaker-nya itu berangkat dari Mali kemarin (28/1). Dia memperkirakan, malam ini sudah berada di Malang. Kondisi Konate bisa jadi belum bisa tune-in. Sebab, melalui penerbangan yang lama. ”Penerbangannya saja itu sekitar 22 jam, jadi masih jet lag beberapa saat nanti,” tandasnya.  

Pewarta               : Aris Dwi Kuncoro
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Indra Mufarendra
Fotografer          : Dok. Radar Malang