Lebaran Bagi Gelandang PSM Jadi Momen Tepat Silaturahmi Keluarga

Rasyid Bakri, Lebaran 2018, Kembali ke Fitrah, Makna Lebaran, Idul Fitri

JawaPos.com – Gelandang PSM Makassar, Rasyid Assyahid Bakri punya cara sendiri untuk merayakan dan memaknai Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah. Pemain kelahiran Makassar, 1991 silam ini mengungkapkan, pada momentum Lebaran ini bakal lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersilaturahmi bersama seluruh keluarga besarnya.

Itu karena memiliki waktu luang bersama orang tua. Aktivitas ini menurut Rasyid sebenarnya tak jauh berbeda dengan Lebaran pada tahun-tahun sebelumnya.

“Iya, kalau saya pribadi InsyaAllah Lebaran di lapangan dekat rumah bersama keluarga setelah itu makan bersama, sekaligus silaturahmi dengan keluarga, dengan teman-teman dan kerabat-kerabat yang lain,” ujar Rasyid saat berbincang dengan JawaPos.com di Makassar beberapa waktu lalu.

Rasyid Bakri selalu berkunjung ke sanak saudara pada Hari Raya Lebaran (Syahrul Ramadan/JawaPos.com)

Setelah itu lanjut Rasyid, aktivitas lainnya adalah mudik ke kampung halaman, Limbung, Kabupaten Gowa, untuk berziarah ke makam keluarga. Biasanya sekaligus dirangkaikan dengan mengunjungi sanak keluarga lain di sana.

“Sekalian ke rumah nenek dan keluarga di sana. Biasanya seperti itu, dan tiap-tiap tahunnya juga tidak jauh berbeda,” jelasnya.

Seperti biasanya di tiap tahun, manajemen PSM memberikan kebijakan libur Lebaran untuk jajaran dan seluruh pemain tak terkecuali. Paling lama, biasanya tim baru akan berkumpul kembali sepekan usai Lebaran. Rasyid mengaku tidak menyia-nyiakan untuk memanfaatkan libur panjang tersebut.

“Untuk libur panjang mungkin saya manfaatkan untuk bersilaturahmi dengan teman dan kerabat yg lain sebelum latihan kembali bersama tim. Kalau untuk latihan sendiri mungkin menjaga kebugaran dengan latihan di gym atau jogging,” terang nominator Pemain Terbaik ISC 2016 lalu.

Rasyid juga menaruh harapan yang besar pada momen Idul Fitri ini, selain tetap berupaya untuk menjadi pribadi yang betul-betul berguna untuk keluarga dan orang-orang sekitar. Harapan lain yang tak kalah penting adalah membawa tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan untuk meraih gelar juara pada Liga 1 2018.

(rul/JPC)