Layanan Konsultasi Psikologi di Puskesmas Bareng

MALANG KOTA – Puskesmas Bareng, Kecamatan Klojen Kota Malang punya layanan kesehatan tambahan. Karena puskesmas ini memiliki layanan konsultasi psikologi. Setiap hari ada dua psikolog yang standby dan siap memberikan konseling.

Layanan yang dikemas lewat program kesehatan jiwa itu dibantu oleh dua mahasiswi S2 psikologi profesi dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Keduanya adalah Nur Rahmatul Azkiya dan Firda Amalia yang sedang melakukan praktik kuliah.

Selama ini keduanya sudah berhasil mendata ada sekitar 20 kasus sejak awal Februari 2018 dengan 1 di antaranya mengalami gangguan jiwa berat dan sudah dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ Lawang).

“Selama tidak berat, masih bisa kami atasi. Rata-rata seperti problem kecemasan dan psikoterapi,” ungkap Nur Rahmatul Azkiya.

Sementara itu, dikatakan drg. Muhammad Zamroni, Kepala Puskesmas Bareng, angka tersebut masih akan bisa terus bertambah. Untuk itu, sejaun ini terus dilakukan pemantauan oleh petugas kesehatan dan kader-kader kesehatan dari Puskesmas Bareng.

Salah satu cara adalah dengan melakukan pemantauan di posyandu di wilayah kerja Puskesmas Bareng,

Selain mengadakan sosialisasi di posyandu, pelayanan psikologi ini dilaksanakan juga di ruang konseling terpadu puskesmas. Di ruangan tersebut tak hanya ada pelayanan konsultasi kesehatan jiwa, melainkan juga melayani konsultasi dan pemeriksaan gizi, promosi kesehatan, dan kesehatan lingkungan.

Meski sifatnya sementara, Zamroni menjelaskan pihaknya akan terus mengupayakan agar ini tetap berlanjut. Salah satunya dengan melakukan kerja sama untuk menggaet mahasiswa jurusan psikologi di beberapa perguruan tinggi yang ada di Kota Malang.

Pewarta: Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Feni Yusnia