Launching Poskestren Al Muflihun, Puskesmas Mojolangu Siapkan Pengobatan Gratis

KOTA MALANG – Pagi tadi (20/9) Puskesmas Mojolangu melaunching pos kesehatan pondok pesantren (Poskestren) Al Muflihun. Sebanyak 280 santri husada dikukuhkan oleh Kepala Puskesmas Mojolangu, Lurah Mojolangu, dan Camat Lowokwaru.

“Poskestren ini kami bentuk agar santri yang jauh dari orang tua selalu sehat. Ada ratusan santri husada yang tadi dikukuhkan. Merekalah yang nanti membantu kami melaporkan kesehatan teman-temannya,” kata Kepala Puskesmas Mojolangu, dr. Camelia Finda.

Di Poskestren ini nantinya akan diadakan screening kesehatan rutin setiap bulan. Terutama untuk mendeteksi penyakit tidak menular (PTM) sejak dini. Pun juga santriwati husada nantinya ditugaskan untuk memantau konsumsi tablet darah yang harus dikonsumsi rutin oleh santriwati.

“Nantinya santri yang dilaporkan sakit juga bisa langsung ke Puskesmas. Tanpa biaya, gratis pokok ya,” imbuh Finda.

Ketua Ponpes Al Muflihun, Budi Prayitno merasa bersyukur adanya Poskestren ini dapat membantu memantau kesehatan 1200 santrinya. Apalagi sebentar lagi Poskestren yang ada tak sekadar untuk tempat pemeriksaan saja.



“Nantinya kita juga sediakan ruangan khusus bagi santri yang sakit. Misalnya malam dia udah panas, kita akan arahkan ke sini bukan ke kamarnya. Baru paginya kita bawa ke puskesmas,” bebernya.

Di tempat yang sama, Camat Lowokwaru, Imam Badar mengapresiasi pembentukan Poskestren ini. “Pembentukan santri sehat harus diawali juga dari lingkungan yang sehat. Kalau sehat santrinya kan semangat,” celetuknya.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia