Latih Difabel Piawai Bikin Kerajinan Kayu

KABUPATEN – Ada banyak cara berbagi dengan para penyandang difabel. Seperti yang ditunjukkan Komunitas Bakarang Dau dengan memberi pelatihan keterampilan membuat kerajinan dari kayu kepada Difabel Creative Center (DC2) Malang di Warung Pan Java (19/5) kemarin.

Dalam event tersebut, sebanyak 20 anggota DC2 Malang terlihat bersemangat belajar mengenal alat-alat untuk membuat kerajinan kayu. ”Kita mulai dari penjelasan alat-alat untuk mengolah, kemudian dilanjut dengan praktik pemotongan kayu, dan diakhiri finishing seperti pengecatan,” tutur Rully Novianto, owner Kajoe Tangan Woodcraft.

Dia menjelaskan, nantinya para difabel juga akan mendapatkan pelatihan lanjutan lewat program kreasi kayu. Program tersebut akan dilaksanakan maksimal satu bulan sekali untuk melatih para difabel agar mandiri. ”Teman-teman akan belajar lebih detail, terkait pembuatan hpl, handycraft, dan kerajinan lainnya yang ada di komunitas Bakarang Dau ini,” ujarnya.

Kegiatan pelatihan juga menggandeng Lazis Zakat Yayasan Amal Sosial As Shohwah (YASA) dan juga sempat dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Dr Muhajir Effendy MAP. ”Karena di Kemendikbud terdapat Direktorat Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus, kami akan bantu langsung dalam bentuk dana,” tuturnya.

Pewarta : nr2
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Ahmad Yani
Fotografer : Laoh Mahfud