Latih 55 Anak TK Jadi Petugas Upacara

KOTA BATUBisa jadi ini yang kali pertama ada di Malang Raya. Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI dilakukan hanya oleh anak-anak TK (taman kanak-kanak). Mulai peserta hingga petugas upacara, semuanya dilakukan oleh bocah-bocah TK. Kegiatan ini bakal dilakukan di Balai Kota Among Tani 25 Agustus mendatang.

Kemarin (4/8), sebanyak 55 anak TK Kota Batu berlatih menjadi petugas upacara di Taman Balai Kota Among Tani. Namun, meski menjadi petugas upacara, mereka tetap anak-anak. Naluri bermain dan sifat polos mereka tidak bisa dihilangkan meski dalam suasana serius.

Misalnya, saat latihan hormat, ada yang usil dengan temannya. Atau tiba-tiba bilang lapar kepada pelatihnya. ”Harus ekstra sabar (melatih anak-anak TK),” kata sang pelatih upacara Serka Khabib Cahyono di sela-sela bertugas kemarin.

Menurutnya, melatih anak-anak harus menggunakan strategi yang berbeda dibandingkan melatih orang dewasa. Yakni, strategi bermain dan bercanda agar mereka semangat latihan. ”Harus ada menyanyinya juga, biar mereka senang. Saya ajak nyanyi lagu Hari Merdeka,” ucap pria yang berdinas di Politeknik Angkatan Darat (Poltekad) ini.

Sementara itu, Citra Puspita, salah seorang guru pendamping siswa TK, menyatakan, pihaknya senang ada kegiatan khusus anak TK pada HUT RI tahun ini. Sebab, hal ini bisa menumbuhkan rasa nasionalisme anak-anak sejak dini. ”Kegiatan ini bagus. Bisa memupuk nasionalisme mereka sejak dini,” terangnya.



Pewarta: Bahrul Marzuki
Penyunting: Imam Nasrodin
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Darmono