Laporkan Pelanggaran Cukai, Masyarakat Bisa Dapat Hadiah

MALANG – KPPBC (Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai) Tipe Madya Cukai Malang sudah menyatakan ‘perang’ terhadap pelanggaran cukai.

Tapi upaya Bea Cukai Malang mengungkap pelanggaran cukai juga tidak bisa dilakukan ‘sendirian’. Bea Cukai Malang butuh peran aktif masyarakat.

Salah satunya melalui aplikasi pelaporan SIROLEK.

“Nanti secara online masyarakat bisa melaporkan, dan akan ada reward khusus, hadiah kita siapkan bagi siapapun yang mau melaporkan pelanggaran cukai. Jadi intinya apresiasi lah kepada masyarakat yang mau melaporkan,” tutur Kepala Kantor Bea Cukai Tipe Madya Malang, Latif Helmi, Jumat, (24/1).

Aplikasi SIROLEK sendiri dikembangkan oleh Kanwil Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Jawa Timur II. Aplikasi ini diharap bisa jadi solusi yang memudahkan para pengumpul informasi dalam hal ini pemerintahan di level kecamatan maupun satpol pp setempat untuk menyampaikan info terkait rokok ilegal secara real time kepada Bea Cukai.

“Misalnya ada masyarakat mengetahui, bisa melapor lewat aplikasi ini secara realtime. Nanti titik koordinatnya juga langsung diketahui disitu,” tambah pria berkacamata ini.

Laporan dari masyarakat umum ini juga tak serta merta diterima. Tim analis Bea Cukai akan melakukan analisis mendalam di lokasi. “Apa memang benar potensial untuk bisa ditindaklanjuti. Adanya pelanggaran dibidang cukai itu memang harus divalidasi informasinya benar atau tidak. Kalau memang itu betul ya kita kasih apresiasi,” tutupnya.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido

Editor : Indra M