Lapas Wanita Sukun Siapkan 1 TPS untuk Coblosan

MALANG KOTA – Jelang pilwali dan pilgub Jawa Timur Rabu, (27/6), TPS di lapas Wanita, Sukun hanya menyiapkan satu TPS.

Ditemui tim radarmalang.id, Anis Joeliati, Kalapas Wanita Sukun menyampaikan ada kemungkinan untuk melakukan penambahan TPS.

“Karena dalam rencana itu ada 2 TPS yang disiapkan. Dikhawatirkan ada penambahan. Namun, untuk yang utama kami masih menyiapkan satu dulu,” ujarnya.

Segala persiapan jelang pilkada dilakukan di lapas wanita ini. Menurutnya sampai saat ini, masih memberikan kesempatan bagi warga binaan lapas yang ingin melakukan pencoblosan untuk meminta pada keluarganya mengirimkan E-KTP.

“Tempat sudah kita siapkan, kartu juga sudah kita berikan pada warga binaan. Kami masih memberi kesempatan pada mereka yang lain untuk memberitahu keluarganya agar bisa mengurimkan E-KTP, untuk yang belum bisa terdaftar agar tetap bisa melaksanakan coblosan,” imbuhnya.



Menurut dia, dari 597 warga binaan, hanya 41 yang bisa mengikuti pencoblosan pilkada. Hal itu yang masih menjadikan pihak lapas untuk mengusahakan yang lainnya.

“Saya mengharapkan warga binaan ini semuanya bisa mengikuti coblosan, nyatanya tidak bisa. Tapi saya tetap mengupayakan agar warga binaan lapas wanita yang lain bisa ikut nyoblos. Mudah – mudahan nanti ini ada kesempatan untuk menyusul, keluarganya bisa datang bawa E-KTP biar bisa terdaftar,” ungkap Anis.

Tak hanya itu, warga binaan lapas wanita ini juga telah diberi sosialisasi terkait pemilihan tanggal 27 nanti. “Warga binaan sudah kita berikan sosialisasi terkait pelaksanaan pencoblosan nanti,” paparnya

Selain lapas wanita, lapas kelas 1 Lowokwaru juga menyiapkan 4 TPS untuk 449 warga binaan yang tercatat sebagai pemilih pada pencoblosan Pilwali Kota Malang 2018. Hal tersebut juga di luar rencana awal KPU yang disebutkan akan dibuka 8 TPS.

Pewarta: Arifina
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Arifina