Lapangan Tembak Baru Tingkatkan Skill Prajurit

KOTA BATU – Medan latihan untuk pasukan Pusat Pendidikan Artileri Pertahanan Udara (Pusdik Arhanud), Kota Batu kini semakin lengkap. Jika sebelumnya, sarana kolan renang bertaraf internasional dibangun, kemarin (11/4) giliran lapangan tembak baru, dengan jarak 100 meter diresmikan. Dengan adanya tempat latihan ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pasukan TNI bidang membidik sasaran. Sepertinya namanya, lapangan tembak Yudhaka Cakti, yang berarti pasukan atau prajurit sakti yang tangguh dalam berperang.

Komandan Pussen Arhanud, Brigjen TNI Nurchahyanto, M.Sc mengatakan, adanya lapangan tembak ini agar prajurit TNI jago menembak.

“Ini sesuai arahan dari Kasad (Kepala Staf Angkatan Darat), untuk membentuk prajuit TNI yang jago menembak. Tidak hanya menembak meriam, rudal, namun juga menembak senjata ringan,” kata dia.

Sehingga, nantinya prajurit dari Pusdik Arhanud, tidak hanya ahli dalam bidang pertahanan udara melalui pengamanan, yang menggunakan meriam, dan rudal, namun secara individu dalam kemampuanya menambak sasaran dengan senjata ringan juga tidak kalah.

Lapangan tembak ini, lanjut dia, masih skala awal. Artinya, panjang jarak untuk menembak masih 100 meter. “Namun ini sudah cukup untuk latihan, tetapi kedepan bisa kami tambah sampai 300 meter,” kata dia.

Sekarang ini, lanut Nurchahyanto, ada waktu lebih banyak bagi para prajurit untuk latihan. Nantinya, tempat latihan ini juga dibuka untuk umum.

“Ya, namun untuk umum terbatas. Seperti misalnya dari Perbakin (Persatruan Menembak Indonesia), dan kalau umum harus ada pendampingan dari Pusdik Arhanud, untuk keamanan,” tukas dia.

Sementara itu, Komandan Pusdik Arhanud Kolonel Arh Jusak Prastia Girsang menambahkan, pembuatan lapanbgan tembak ini sesuai arahan dari Kasad.

“Untuk membentuk TNI yang hebat menembak, dan itu harus ada tempat latihan, dan tempat latihannya harus dekat agar tidak memakan waktu di jalan. Itu yang memotivasi kami,” katanya.

Kedepan, lapangan tembak ini memang masih akan terus dikembangkan lagi. “Di sini masih luas, bisa kami tingkatkan terus, untuk menembak jarak jauh,” ungkanya.

Selain persmian lapangan tembak ini, juga diadakan reuni purnawirawan pasukan Pusdik Arhanud.

“Mereka adalah, kawah candradimuka kami, asal muasal di Pusdik Arhanud ini, setelah sekian lama tidak berkumpul, tadi kami kumpulkan. Ini supaya mereka ingat kembali, dan bagi kami generasi penerus bisa tergugah, termotivasi dalam pengabdian kami kedepan,” kata dia.

Turut hadir, dalam peresmian ini, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Arief As Siddiq, dan perwakilan dari DPRD Kota Batu.

Pewarta: Aris Dwi
Foto: Darmono