Langgar Hak Cipta, Jennifer Lopez Dituntut Agensi Paparazzi

ZETIZENID – Perseteruan antara selebriti dengan paparazzi ternyata dialami pula oleh Jennifer Lopez. Pelantun ‘On The Floor’ tersebut Sabtu lalu (5/10) dituntut USD 150,000 oleh Splash News and Picture Agency.

Lopez dituntut lantaran mengunggahhasil foto salah satu fotografernya tanpa izin di Instagram Story pada tahun 2017.

Dilansir dari E! (8/10), foto yang dituntut adalah foto Lopez bersama sang tunangan, Alex Rodriguez di jalanan kota New York. Dalam dokumen tuntutan yang dihimpun E!, Splash News and Photo Agency mengklaim bahwa merekalah pemilik dan pemegang hak cipta eksklusif foto tersebut.

Atas pelanggaran Lopez, agensi foto tersebut telah memberikan peringatan lewat surat yang dikirimkan pada pihak Lopez tercatat tanggal 21 Desember 2017.

Hal ini menjadi masalah akibat status Lopez sebagai selebriti Holywood. Lewat foto tersebut lah agensi seperti Splash News and Photo Agency ini bisa mendapatkan pemasukan. “Foto tersebut kreatif, istimewa dan bernilai. Karena status selebriti dari subjek, kualitas fotografi dan visual yang menarik, penggugat (dan fotografer yang terwakili) menuntut untuk mendapatkan keuntungan dari foto tersebut,” tulis Splash dalam dokumen tuntutan, dikutip dari E! (8/10).



Hukum ketat perihal hak cipta yang diterapkan Amerika Serikat ini bukan sekali ini menyandung para selebriti. Sebelumnya, Gigi Hadid, Khloe Kardashian, Victoria Beckham, hingga Ariana Grande pun pernah dituntut dengan pekara serupa.

Penulis: Ananda Triana
Foto: Istimewa
Editor: Indra M