Land Rover Defender 2020 Diuji di Sirkuit Nurburgring, Begini Wujudnya

JawaPos.com – Model terbaru mobil berpenggerak 4×4 serba guna Land Rover Defender yang legendaris disebut-sebut bakal hadir pada 2020 mendatang. Bocoran foto-foto dengan balutan sticker kamuflase mengenai Land Rover Defender terbaru juga sudah banyak beredar.

Dikutip JawaPos.com dari laman Carscoops, Senin (29/7), Land Rover disebut akan meluncurkan Defender generasi baru dalam versi wheelbase pendek (SWB) dan panjang (LWB). Keduanya baru-baru ini tertangkap kamera tengah melakukan pengujian di sirkuit Nurburgring, Jerman.

Pihak Land Rover sebelumnya menyatakan bahwa Defender baru akan mempertahankan karakter asli dan menjadi salah satu kendaraan off-road terbaik di segmennya. Namun, pelanggan saat ini tampaknya tidak akan cukup puas hanya dengan kekuatan 4×4.

Tunggangan juga harus memiliki kemampuan on-road yang sempurna. Terutama jika Land Rover Defender ingin bersaing dengan Mercedes-Benz G-Class baru.

Model SWB akan ditujukan untuk mereka yang ingin menaklukkan medan yang sulit tanpa perlu ruang ekstra. Sedangkan varian LWB empat pintu akan menjadi SUV serbaguna untuk seluruh keluarga.

Untuk fitur, keduanya diharapkan bakal mirip, meskipun tergantung pada spesifikasi dan variannya nanti. Beberapa fitur akan mencakup sistem infotainment baru, kluster instrumen digital, climate control dual zone, dan kontrol wajib untuk menyesuaikan mode drive, dan ketinggian medan berkendara.

Uji Land Rover Defender. (dok. Carscoops)

Desain eksterior Defender 2020 seperti bisa dilihat pada gambar masih tersembunyi di bawah penutup plastik dan stiker vinil. Namun, tidak sulit untuk melihat bentuknya yang kotak, yang menjadi ciri khas Defender.

Land Rover Defender terbaru kabarnya juga didukung oleh platform Modular Longitudinal Architecture (MLA) teranyar. Platform tersebut mendukung hybrid ringan, plug-in hybrid, dan power-trains listrik.

Sebagai informasi, Land Rover Defender, yang awalnya dikenal Land Rover Ninety dan Land Rover One Ten, merupakan kendaraan off-road serbaguna berpenggerak 4 roda yang dikembangkan oleh Land Rover Series sejak 1948. Bulan Oktober 2013 silam Land Rover mengumumkan bahwa Defender dihentikan produksinya pada Desember 2015 setelah 67 tahun diproduksi.