Lampu Spot 3D Tugu Simpang Empat Banjarbaru Sering jadi Incaran Maling

 lampu 3d banjabaru

JawaPos.com – Setelah beberapa waktu sebelumnya sempat hilang, lampu spot 3D yang menyinari Tugu Simpang Empat Banjarbaru, Kalimantan Selatan, telah kembali dipasang. Sehingga pencahayaan landmark ikonik Kota Idaman ini kembali sempurna.

Lantaran potensi pencurian lampu bernilai jutaan rupiah ini masih tinggi. tampak aparat penegak Perda, Satpol PP Banjarbaru melalukan patroli di areal tugu pada Jumat (10/5) larut malam hingga Sabtu (11/5) dini hari.

“Dalam giat Cipta Kondisi (Cipkon), kami turut mengecek kondisi lampu-lampu spot yang ada di Tugu Simpang Empat, karena dikhawatirkan dicuri oleh oknum tak bertanggung jawab kembali,” kata Kasat Pol PP Banjarbaru, Marhain Rahman melalui PPNS Seksi Opsdal, Yanto Hidayat, dikutip dari Radar Banjarmasin (Jawa Pos Group), Minggu (12/5).

Memang, sebut Yanto, kondisi lampu tugu yang kerap tak terpantau membuka kesempatan pencuri untuk beraksi. Diperkirakan juga pencurian terjadi saat larut malam ketika jalanan sepi.



“Makanya kami patroli sampai larut malam untuk mencegah hal ini kembali terjadi. Alhamdulillah untuk giat Cipkon tadi malam tidak ada temuan,” ujarnya.

Selain mengecek kondisi lampu spot di Simpang Empat, aparat penegak Perda ini juga turut mengecek kepatuhan THM (Tempat Hiburan Malam) seperti tempat karaoke di beberapa lokasi. Misalnya, tempat karaoke di Jalan A Yani maupun di Jalan Trikora.

“Untuk kondisi kami pastikan kondusif, para pemilik dan pengelola taat dengan aturan. Hanya masih kami temukan ada beberapa muda-mudi yang nongkrong hingga larut malam. Tapi, Alhamdulillah tidak ada kedapatan minuman keras atau sajam,” ujarnya.