Laksa nan Gurih Pedas Asem Bikin Auto Recommended Buat Berbuka

KOTA MALANG – Mie merupakan salah satu menu favorit warga Malang. Cwi mei, pangsit, mie ayam adalah sebagian kecil varian mie yang jamak ditemukan di Malang. Makanan kaya karbohidrat ini juga cocok sebagai menu berbuka puasa. Salah satu mie khas bangsa melayu adalah laksa. Menu ini memiliki citarasa gurih dan pedas.

Bukan sekadar pemuas rasa lapar, laksa juga merupakan bukti otentik suburnya produk kuliner peranakan di Indonesia, khususnya peranakan Indonesia dengan Cina. Daniel Maengkom, ahli gastronomi menjelaskan, asal usul nama laksa tidak begitu jelas.

“Jika merujuk pada bahasa Hindi, lakhshah maka merujuk pada sohun. Apablia merujuk pada kosakata Cina, Sha La (dibaca latsa) yang berarti pasir gurih,” tulis Daniel dalam blog prbadinya.

Berdasarkan laksa yang beredar di pasaran, ada dua tipe laksa yaitu kari dan asam. Laksa Kari memiliki karakteristik berkuah santan, sementara laksa asam berkuah ikan. Di Penang, laksa kari biasa juga disebut mie kari. Kuliner ini bisa ditemui di berbagai belahan Malaysia, mulai dari Kelantan, Serawak, Johor, Ipoh, dan masih banyak lagi.


Kini, kuliner khas Malaysia tersebut tersaji di Hotel Tugu Malang, tepatnya di Melati Resto selama bulan Ramadan.

“Penang Laksa Noodle Soup, atau lebih mudahnya disebut Laksa Lemak. Menu ini merupakan bagian dari menu khusus Ramadan yang bertajuk 101 Malay Street Food,” jelas Public Relation Hotel Tugu Malang, Richard Wardana.

Pria yang akrab disapa Ochi tersebut menuturkan, selain laksa lemak, kuliner Malaysia lain yang bisa dijadikan pilihan berbuka bersama di Melati Resto Hotel Tugu Malang ini antara lain Udang Goreng Daun Kari, Gulai Ikan Bawal Kelantan, Penang Char Kwat Teow, roti canai dan masih banyak lagi.

“Sengaja kita hadirkan menu-menu street food Malaysia, karena memiliki kesamaan citarasa dengan Indonesia,” imbuh dia.

Untuk menikmati menu-menu tersebut, Anda cukup melakukan reservasi ke Melati Resto Hotel Tugu Malang. Menu special tersebut hadir mulai 4 Mei lalu hingga 6 Juni mendatang.

“Tersedia juga paket buka puasa untuk grup dengan harga mulai Rp 250 ribu per pax. Didalamnya termasuk Sembilan variasi hidangan. Harga tersebut berlaku untuk minimal pemesanan 10 orang,” pungkas Ochi.

Penyunting: Fia
Foto: istimewa