MALANG KOTA – SD Katolik Santa Maria 3 Kota Malang sambut tim juri Green School Festival (GSF) dengan meriah. Bernuansa Asian Games 2018, kedatangan juri dibuka dengan aksi pedang pora dan yel-yel antusias.

Mengkolaborasikan musik, dan tarian, lewat lagu “Meraih Bintang” milik Via Vallen. Ratusan siswa nampak semangat menari diiringi beragam alat musik. Di antaranya angklung. Mereka penuh semangat memainkan musik meski di bawah terik matahari.

“Empat kelas tadi menyambut tim juri, dari kelas 3 sampai 6. Kita tonjolkan musik dan vokalnya. Kita pakai yel-yel dengan nuansa Asian Games meski sudah lewat ya. Dikolaborasikan dengan angklung, bass, jimbe, piano dan banyak lagi,” beber Yohanes Sugiyo Pranoto, koordinator GSF SDK Santa Maria 3. Hal tersebut untuk tetap menjaga semangat siswa bak semangat atlet di Asian Games.


Sementara itu, dalam keikutsertaan sekolah ini yang kedua, Yohanes mengatakan sudah memberikan sebaik mungkin dan apa adanya. Terlebih yang paling menonjol yakni isu tanaman hijau.

“Sekolah kita kan sempit ya, kita berkomitmen untuk membuatnya senyaman mungkin,” ujarnya. Sehingga, ditanamkan kepada siswa untuk peduli kepada lingkungan.

Ia menceritaka bagaimana siswa begitu antusias untuk menghijaukan sekolah. Yang mana salah satu siswanya dari tim isu tanaman hijau berinisiatif untuk menghimbau teman-teman nya agar membawa tanaman apapun.

Akhirnya, lebih dari 200 tanaman hijau pun terkumpul. Tak hanya dikumpulkan semata. Para siswa wajib mengetahui nama dan manfaat masing-masing tanaman. Kemudian diletakkan di sekitar lingkunga sekolah dan didalam ruangan.

Di antaranya, ada dari obat-obatan, seperti jahe. Kemudian, tanaman gantung, lidah buaya, dan sebagainya. Di sisi lain, siswa juga membuat pemetaan atas 9 isu dan satu mading 3D tentang dampak tanaman yang segar dan tanaman kering

“Semua siswa yang memetakan isu. Mengerjakannya di rumah ataupun di sela-sela jam kosong. Sementara kami hanya menjadi sarana,” pungkasnya.

Pewarta: Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Feni Yusnia