Lagi, Jaringan Pendamping Kinerja Pemerintah Merapat ke Gus Ipul

Gus Ipul

RADAR MALANG ONLINE – Jaringan Pendamping Kinerja Pemerintah (JPKP) mendeklarasikan dukungan kepada calon gubernur dan calon wakil gubernur Jatim Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, di Mojokerto Jumat (25/5). Mereka siap membantu pemenangan paslon nomor urut dua tersebut.

Untuk diketahui, JPKP sudah terbentuk di 31 Kabupaten dan Kota. Mereka berisikan relawan yang terstruktur di tingkat daerah. JPKP berfungsi untuk membantu, mendampingi, mengawasi, serta bermitra dengan pemerintah selaku pemegang kebijakan negara.

“Kepemimpinan Gus Ipul (GI) sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur telah terbukti membawa kemakmuran di Jawa Timur. Alasan ini menjadi salah satu pertimbangan kami,” terang Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) JPKP Bambang Kisworo.

Jaringan Pendamping Kinerja Pemerintah (JPKP) mendeklarasikan dukungan kepada calon gubernur dan calon wakil gubernur Jatim Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, di Mojokerto Jumat (25/5). (dok. Timses Media Gus Ipul-Puti)

Bambang menilai Gus Ipul merupakan sosok pemimpin yang tidak ambisius. Alias tidak mengejar jabatan semata. Selain itu, GI juga dinilai tidak pernah berhenti di tengah jalan saat diberi amanah. Menjadi wakil gubernur Jatim selama dua periode merupakan bukti bahwa Gus Ipul adalah pemimpin yang siap dan tidak sekadar berambisi dapat jabatan.

“Sehingga, kami menginstruksikan kepada seluruh relawan JPKP membantu pemenangan Gus Ipul dan Mbak Puti. Relawan ini berbasis swadaya dan bekerja tanpa adanya imbalan,” tambah Bambang.

Selain JPKP, deklarasi tersebut juga dihadiri Ketua Gerakan Rakyat Jawa Timur (GRJ) Mat Mochtar dan Ketua Ikatan Keluarga Madura (IKAMRA) Ahmad Kusaeni. 

Hal senada juga dikatakan oleh Ketua Gerakan Rakyat Jawa Timur (GRJ), Mat Mochtar yang juga menghadiri acara deklarasi. Mat Mochtar memuji keberhasilan Gus Ipul mendampingi Gubernur Jawa Timur, Soekarwo selama dua periode. 

“Kalau sudah ada yang mempersiapkan diri selama sepuluh tahun, masa tidak didukung? Beliau sebelumnya juga tak memiliki konflik dengan Pakde Karwo. Lalu, apa lagi yang diragukan. Gus Ipul ini bukan ambisius tidak pernah ingkar janji,” tutur Mat Mochtar membakar semangat relawan. 

Mendapatkan dukungan tersebut, Gus Ipul berkomitmen untuk terus membangun Jawa Timur dengan mengikutsertakan seluruh elemen masyarakat. Salah satunya adalah menempatkan perempuan agar bisa berkontribusi di berbagai bidang mulai sosial, ekonomi, dan politik.

Gus Ipul siap memberikan wadah aspirasi bagi seluruh elemen masyarakat agar mudah diakomodir pengambil kebijakan. “Oleh karena itu, bila nanti saya terpilih bersama Mbak Puti, kami akan menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (Muarenbang) khusus perempuan Jawa Timur,” jelas pria asal Pasuruan tersebut.

Dari forum itu, kaum perempuan dapat menyuarakan aspirasinya terkait kebijakan-kebijakan di tingkat eksekutif. Saat ini, Gus Ipul juga telah memprioritaskan perempuan di berbagai programnya. Di antaranya, program Pemberdayaan Keluarga Harapan (PKH) Super. Dari program itu, ia berjanji akan memberikan bantuan permodalan usaha bagi perempuan kepala rumah tangga. 

Selain itu, juga ada program Superstar (Sentra UMKM Pemberdayaan Industri Kreatif dan Staratup). Dia melihat, sebagian besar pelaku UMKM didominasi oleh kaum perempuan. Sehingga dengan mendorong UMKM, otomatis juga memberdayakan kaum perempuan. 

Sementara untuk perlindungan kaum perempuan, pihaknya juga telah meluncurkan program Rembulan (Program untuk Perempuan, Anak dan Kelompok Lansia). “Selama ini, perempuan telah diikutsertakan. Ke depan, kami akan melanjutkan dan memaksimalkan peran perempuan. Itu komitmen kami,” tegas mantan Ketua Umum GP Ansor tersebut.

(did/JPC)