Ladies, ini 7 Makanan yang Bisa Meredakan Nyeri Saat Haid

Darah Haid Sedikit, Normalkah? - JPNN.COM

Nyeri Haid. Ilustrasi. Foto WomCare

jpnn.com – Nyeri haid yang sering diikuti dengan kram perut kerap dialami oleh wanita saat menstruasi setiap bulannya. Jangan buru-buru minum obat, coba atasi dulu dengan mengonsumsi makanan yang bisa meredakan nyeri haid.

Tak hanya nyeri yang bisa sangat mengganggu, kelelahan juga bisa dialami sehingga mengganggu produktivitas. Saat haid, otot-otot rahim akan berkontraksi untuk meluruhkan darah haid, sehingga menimbulkan keluhan nyeri perut.

Makanan pereda nyeri haid
Nyeri perut ini sering kali tak datang sendirian, kadang disertai mual, muntah, nyeri kepala, bahkan diare. Selain dengan mengonsumsi obat antinyeri, nyeri haid bisa dikurangi dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Apa saja?



1. Pisang
Bertambah lagi alasan untuk menyetok pisang di rumah atau membawanya sebagai bekal, karena buah tersebut bisa dimanfaatkan untuk membantu meredakan nyeri haid.

Pisang diketahui kaya akan serat, yang dapat membantu memperlancar pencernaan. Rasa kembung dan penuh pada perut pun akan berkurang, sehingga nyeri haid berangsung membaik. Selain itu, pisang juga tinggi akan magnesium. Zat gizi tersebut dapat membantu otot relaks, terutama otot perut.

2. Jahe
Tak hanya unggul sebagai bumbu masak, jahe juga sudah ribuan tahun digunakan sebagai obat. Manfaatnya banyak sekali untuk kesehatan, termasuk meredakan nyeri haid.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di “The Journal of Alternative and Complementary Medicine”, disebutkan bahwa partisipan yang mengonsumsi 250 mg bubuk jahe sebanyak 4 kali sehari selama 3 hari, mereka melaporkan berkurangnya intensitas nyeri haid.

Bahkan, penelitian tersebut juga melaporkan bahwa manfaat jahe sama efektifnya dengan obat pereda nyeri ibuprofen.

Sumber : Klikdokter