Lacak Rekam Jejak Calon Rektor

*Awal Oktober Digelar Pemilihan Tahap Akhir

 MALANG KOTA – Para calon rektor Universitas Negeri Malang (UM) saat ini memasuki masa-masa dag-dig-dug. Ya, lantaran pada tanggal 1–5 Oktober ini, akan dilakukan pemungutan suara tahap akhir. Nasib tiga calon rektor, yakni Prof Dr Rofi’uddin MPd, Prof Dr Dawud MPd, dan Prof Dr Nurul Murtadho MPd akan ditentukan pada momen tersebut.

Kepastian kalau pemungutan suara tersebut akan digelar dalam waktu dekat didapat dari Ketua Panitia Pemilihan Rektor UM Prof Dr Ibrahim Bafadal MPd. ”Hari Minggu kemarin, saya langsung kontak Sekjen Kemenristekdikti  Profesor Ainun Na’im untuk menanyakan hasilnya,” ucap Ibrahim. ”Dari komunikasi itu, belum bergeser jadwalnya, yakni antara tanggal 1 hingga 5 Oktober. Namun, memang saat ini Inspektorat Jenderal (Itjen) Ristekdikti masih melakukan verifikasi,” imbuhnya.

Dalam pemilihan tahap akhir ini, sesuai aturan, selain akan diikuti 60 anggota senat, akan diikuti juga perwakilan Kemenristekdikti. Perwakilan ini akan membawa suara Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Natsir yang mempunyai hak suara 35 persen.

Sedangkan terkait rekam jejak calon, ada banyak hal yang dinilai. ”Rekam jejak itu seperti sudah pernah menjabat apa saja, karya-karyanya apa saja, dan lain-lain,” imbuhnya. Selain itu, yang dilihat adalah laporan kekayaan masing-masing calon rektor. Di laporan kekayaan inilah, jika ada indikasi korupsi, bisa terlihat. ”Setelah 3 calon terpilih, kami kirimkan semua berkas ke Jakarta. Di sana dibentuk tim penilai. Tugas tim penilai itu adalah menghubungi pusat pelaporan dan analisis transaksi keuangan (PPATK) untuk menelusuri rekening-rekening calon,” imbuhnya.



Untuk diketahui, tiga calon ini terpilih setelah menempati perolehan suara tertinggi dalam pemilihan tahap pertama yang diikuti anggota senat. Yakni, Rofi’uddin meraih 34 suara, disusul Prof Dawud MPd sebesar 17 suara, dan Prof Dr Nurul Murtadho MPd,  4 suara. Sedangkan yang tersingkir adalah Dr Isnandar MT dengan 1 suara.

Sementara itu, salah satu calon rektor UM Prof Dr Nurul Murtadho MPd mengaku belum tahu kapan pemilihan dilakukan. ”Saya sendiri juga belum tahu jadwal pemilihan rektor (pilrek) dengan menteri kapan,” ucapnya. Sedangkan saat ditanya soal target suara di pilrek, Murtadho menjawab dengan setengah bercanda. ”Menang 90 persen dengan suara menteri, hehehe,” jawabnya. Ketika ditanya apakah dia sudah melakukan pendekatan kepada anggota senat, lagi-lagi dia menjawab dengan santai. ”Loh, masak saya memasarkan diri saya sendiri?” jawabnya.

Sementara itu, calon petahana Prof Dr AH Rofi’uddin MPd menjawab singkat perihal pemilihan tahap akhir yang akan digelar awal Oktober ini. ”Jika selama bertugas civitas academica cocok dengan visi-misi saya dan mau dilanjutkan, saya tentu saja siap,” pungkasnya.

Pewarta: Sandra Desi
Copy Editor: Amalia
Penyunting: Irham Thoriq