Kurang Gizi hingga Anemia, Inilah Masalah yang Kerap Dihadapi Remaja

MALANG – Kesehatan untuk semuanya. Termasuk remaja. Kasus yang paling banyak dijumpai pada remaja untuk Kota Malang sendiri berasal dari segi pertumbuhan dan perkembangan seperti kurang gizi dan anemia.

MALANG KOTA – Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang Linda Desriwati SKM mengungkapkan bahwa anemia dan kurang gizi banyak ditemukan pada kalangan remaja.

“Penyebabnya, salah satunya karena tingkat kesadaran remaja dalam memeriksakan dirinya yang masih kurang,” kata Linda dalam Youth Sharing Session bertema ‘Youth Engagement in Health’ di Colloseum Ballroom Gajahmada Graha Hotel, pagi tadi (22/8).

Usia remaja, kata dia, rentan dihinggapi beragam penyakit. “Remaja kan masa peralihan, masih banyak yang kaget dan harus dipersiapkan dalam diri. Di sini, kami ingin para remaja dapat menjalani perubahan yang terjadi pada diri mereka dengan baik,” kata Linda

Adapun, pada acara yang digelar di Hotel Gajahmada, Dinkes mengundang ratusan siswa dari berbagai SMP dan SMA di Kota Malang. Di sana, siswa diajak mengikuti cek kesehatan gratis hingga konseling kesehatan.



Selain itu, mereka juga diajak minum tablet tambah darah, sebagai salah satu bentuk pencegahan anemia khususnya bagi remaja putri.

“Kali ini sebagai peringatan hari remaja internasional 2019, kami juga mengajak mereka untuk meminum tablet tambah darah bersama-sama. Dengan minum ini harapan kami nanti dapat dilakukan setiap satu minggu sekali di semua sekolah, khususnya bagi remaja putri dari tingkat SMP dan SMA,” tutup Linda.

Mereka juga diajak jadi agen perubahan yang nantinya diharap mampu menyebarluaskan pentingnya cek kesehatan rutin, khususnya bagi remaja.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Editor : Indra M