Kuota PNS Kota Batu Masih Kurang 17 Orang, Keputusan Tunggu BKN

KOTA BATU – Ratusan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kota Batu tengah melakukan pemberkasan sejak kemarin (Rabu, 9/1) hingga hari ini (Kamis, 10/1). Sejumlah 217 CPNS itu masih harus melalui beberapa proses sebelum resmi ditetapkan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pasalnya, dari pemberkasan itu masih akan dilakukan pengecekan terkait kelengkapan administrasi. Seperti ijazah, daftar riwayat hidup, surat pernyataan jasmani dan rohani, surat keterangan bebas narkoba, surat keterangan bersedia ditempatkan dan mengabdi di Pemerintah Kota Batu, serta surat pernyataan untuk mengabdi selama 10 tahun tanpa pindah.

“Iya, pemberkasan 217 peserta dikumpulkan sampai hari ini (Kamis, 10/1). Nanti masih akan dilakukan pengecekan, jadi dari total itu belum tentu semuanya lolos,” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu, Siswanto.

Kota Batu sendiri diketahui mengajukan kuota sebanyak 236 formasi. Artinya saat ini masih ada kekurangan 19 pegawai dari yang lolos seleksi itu. Terkait hal itu, Siswanto mengatakan pihaknya belum bisa melakukan tindakan perekrutan tambahan. Keputusan lanjutan itu harus melalui perintah dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

“Jadi memang Pemkot Batu tidak berwenang melakukan tindakan sebelum ada perintah langsung dari BKN. Sekalipun ketersediaan itu kurang,” imbuhnya.

Karenanya, pihaknya menghimbau kepada CPNS untuk tetap menunggu keputusan resmi dari BKN. “Kami dari BKPSDM hanya melaksanakan jadwal yang sudah diperintahkan BKN pusat, jadi ditunggu saja keputusan resminya,” tandasnya.

Pewarta: Arifina
Foto: Aris Dwi K
Penyunting : Fia