Kuota CPNS Kota Batu Hanya 236 Kursi

KOTA BATU – Setelah melewati tahapan berliku, rencana rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) akhirnya mendapatkan kepastian jumlah. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) menyetujui usulan terakhir pemkot.

Dari data Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu, dari 236 lowongan CPNS tersebut, untuk formasi guru sebanyak 181 kursi. Yang terbanyak, yakni 80 kursi di-plotting untuk guru SD. Sedangkan untuk tenaga kesehatan sebanyak 36 lowongan, 12 di antaranya untuk posisi perawat. Sedangkan untuk tenaga teknis tersedia 12 lowongan (selengkapnya baca grafis).

Kasubid Informasi dan Data Badan Kepegawaian dan SDM Kota Batu M Muslich menyatakan, pengajuan formasi CPNS sudah disetujui Kemen PAN-RB. ”Di sana (Kemen PAN-RB) sudah di-acc dan sudah dikeluarkan ketetapan sesuai usulan (jumlah) yang diajukan,” kata dia saat ditemui kemarin.

Penetapan 236 lowongan tersebut sesuai dengan pertimbangan pejabat pembina kepegawaian (PPK) atau kepala daerah dan sekretaris daerah. ”Jumlah tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan yang ada saat ini,” terang Muslich yang juga ditugasi berangkat ke Kemen PAN-RB beberapa waktu lalu.

Setelah keluar ini, dia melanjutkan, tinggal mengikuti alur penerimaan CPNS. Dari yang dia tahu, untuk pengumuman pendaftaran secara nasional akan berlangsung besok (19/9). ”Untuk pendaftarannya itu mulai 26 September, kalau selesainya masih belum tahu. Menunggu dari panitia seleksi (pansel) nasional nantinya,” terang dia.



Di tingkat daerah, dia melanjutkan, nantinya Pemkot Batu juga akan membentuk pansel. Tugasnya, akan menerima lampiran atau data secara hardcopy dari calon pendaftar. ”Semuanya memang sudah online. Namun, untuk data nanti juga harus diserahkan secara offline, seperti fotokopi ijazah, e-KTP, dan lainnya, untuk kami verifikasi,” terang dia. Sementara untuk tahapan tes, nantinya akan digelar di SMKN 4 Kota Malang.

Lebih lanjut, Muslich menjelaskan, seleksi CPNS tahun ini juga membuka kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk menjadi CPNS. ”Setahu saya ada dua, itu nanti yang akan ditempatkan di kearsipan dan teknik informatika (TIK),” kata Muslich. Lowongan untuk penyandang disabilitas ini, memang tercantum dalam Peraturan Menteri (Permen) PAN-RB Nomor 36 Tahun 2018 tentang Seleksi CPNS. ”Harus ada dua persen dari kuota,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Batu Nurrochman menyatakan, untuk pengajuan kuota CPNS yang dibutuhkan memang menjadi prerogratif eksekutif. Namun, dia mengingatkan agar proses seleksi dilakukan secara transparan dan akuntabel. ”Sehingga hasilnya sesuai dengan analisis kebutuhan,” kata dia.

Mengenai hanya tiga bidang saja yang dibuka lowongan CPNS, Nurrochman menyatakan tidak masalah. ”Itu kan memang sudah dari Kementerian PAN-RB,” kata dia. Jika di bidang lainnya nanti perlu ada PNS, bisa jadi akan menyusul untuk perekrutan sebelumnya.

Untuk diketahui, sekarang ini jumlah PNS di Kota Batu sebanyak 3.332. Di tahun 2018 ini, ada kurang lebih 65 PNS yang memasuki masa pensiun. Dari data PGRI Kota Batu, jumlah guru secara keseluruhan sekitar 4.300 orang. Sementara yang berstatus PNS sebanyak 1.700 orang. 

Pewarta: Aris Dwi
Copy Editor: Amalia
Penyunting: Ahmad Yani
Foto: Rubianto