Kunjungi Sritex, Ganjar Pastikan Jateng Pro Investasi

Kunjungi Sritex, Ganjar Pastikan Jateng Pro Investasi

Calon gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menyambangi pabrik PT Sritex, Sukoharjo, Kamis (22/3).
(dok. Tim Media Ganjar-Yasin)

RADAR MALANG ONLINE – Perindustrian di Jawa Tengah selama lima tahun terakhir berkembang karena pemerintah daerah pro investasi. Pesatnya investasi, diklaim calon gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai buah manis dari reformasi birokrasi yang tak lain adalah programnya selama menjadi gubernur aktif.

Reformasi birokrasi, terutama di bagian perizinan, menurut Ganjar adalah sumber dari seluruh kemajuan perindustrian. “Ini sesuai perintah Presiden Jokowi, kita permudah perizinan. Mudah, cepat, dan murah. Untuk promosi kita juga mendatangi duta besar dari negara sahabat agar investasi masuk,” ujarnya saat mendatangi pabrik PT Sritex di Sukoharjo, Kamis (22/3). 


Ganjar mengatakan, selain memberikan kemudahan dalam proses perizinan, pemerintah juga membangun zonasi industri sesuai produksinya. Yakni kawasan Semarang Raya untuk industri dan pengolahan, Solo Raya untuk industri kreatif, dan Kedu hingga Banyumas untuk perkebunan. 

Dipaparkannya, dengan penataan teritorial tersebut, aspek lingkungan hingga administrasi dapat terjaga. Zonasi industri, lanjutnya, juga menjadi solusi untuk masalah investor yang kesulitan masalah perizinan dan pencarian lahan. 

“Jika investor masuk ke kawasan industri, perizinan cukup tiga jam selesai. Jika luar kawasan industri, harus mengurus semua dari awal,” tambah Politisi PDIP itu.

Buruh pabrik PT Sritex tengah berebut salaman dengan Ganjar
(dok. Tim Media Ganjar-Yasin)

Dalam kunjungannya kali ini, pasangan Taj Yasin itu secara khusus turut mengapresiasi PT Sritex yang mengekspor tekstil khusus militer ke 35 negara. “Ini menunjukkan Jateng melalui Sritex bisa leading karena inovasi tekstil dari hulu hingga hilir. Harus menjadi rangsangan kuantum industri, karena di Jateng bisa aman dan nyaman,” ungkapnya. 

Dalam kunjungan di PT Sritex tersebut, Ganjar diajak CEO Iwan Setiawan Lukminto berkeliling pabrik. Ganjar pun disambut ribuan karyawan yang kala itu tengah bekerja.

Iwan sendiri mengapresiasi perkembangan infrastruktur di Jateng yang semakin pesat di era Ganjar Pranowo. Di antaranya jalan tol Semarang-Solo, jalan tol Pantura, dan pembukaan banyak kawasan industri.


(gul/JPC)