Kunjungi Ruangguru, PDIP Dorong Pemerataan Pendidikan Nasional

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Penilaian itu diungkapkan oleh Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto yang datang mengunjungi kantor Ruangguru dalam rangka Hari Pendidikan Nasional di Tebet, Jakarta, Jumat (4/4).

“Apa yang dilakukan Ruangguru melalui Mas Belva (co-founder Ruangguru) adalah terobosan untuk menghadirkan pendidikan untuk semua. Karena itulah Pak Jokowi juga menaruh perhatian yang sangat besar,” ujar Hasto.

Hasto juga menuturkan, Belva pernah diundang beberapa kali oleh Presiden Jokowi untuk diskusi. Bahkan, anak muda jebolan Harvard University itu pernah diundang Jokowi mengikuti rapat kabinet dan memaparkan konsep pendidikan yang mereka buat.

“Jadi nyambung antara Pak Jokowi dengan yang dilakukan oleh PDI Perjuangan sebagai pengusung utama beliau,” ungkapnya.

Lebih lanjut Hasto juga mengapresiasi kiprah anak-anak muda yang membangun optimisme dan turun tangan membantu menyelesaikan problem di masyarakat dengan pendekatan-pendekatan baru berbasis teknologi informasi, termasuk di bidang pendidikan.

“Indonesia punya lebih dari 52 juta pelajar. Mereka adalah tunas negeri yang harus kita siapkan menjadi generasi yang akan membawa bangsa semakin maju dan berdaya saing di masa depan. Karena itu kehadiran Ruangguru sangat membantu,” paparnya. 

Hasto berharap, dengan kehadiran platform berbasis digital seperti Ruangguru dan sejumlah platform lainnya, ini demi mendorong pemerataan kualitas pendidikan. Karena anak-anak di desa bisa mendapat pembelajaran tambahan berkualitas secara online.

“Hal ini dimungkinkan beriringan dengan program Presiden Jokowi yang terus bekerja tanpa henti membangun desa termasuk membangun infrastruktur teknologi informasinya,” papar Hasto.

Inovasi-inovasi sosial berbasis teknologi seperti itulah yang dinilai Hasto mampu menjawab problem rakyat. Karena itu sudah menjadi kewajiban PDI Perjuangan mendukung kiprah anak-anak muda yang mengembangkan kewirausahaan sosial berbasis teknologi seperti ini.

“Ini membangun optimisme bangsa, dan secara ekonomi ini potensi yang dahsyat sesuai target Pak Jokowi menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,” pungkas Hasto.

CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara menyambut baik kunjungan PDI Perjuangan. “Kami menyadari bahwa untuk membangun pendidikan tidak bisa dilakukan satu pihak. Bersama-sama kita hadirkan pendidikan yang lebih baik agar Indonesia bisa berdaya saing global,” ujar Belva

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki lebih dari 6 juta pengguna serta telah mengelola lebih dari 150.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. 

Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk teknologi konsumen di Asia.

Saat ini, Ruangguru sudah digunakan oleh 8 juta siswa di seluruh Indonesia. Para pelajar di berbagai daerah bisa belajar melalui instrumen teknologi tanpa terikat batas geografis dan waktu.


(gwn/JPC)