Kunci Sukses BJ Habibie Terngiang di Benak Akademisi ITN

KOTA MALANG – Meninggalnya BJ Habibie sore tadi (11/9) mengejutkan masyarakat Indonesia. Sosok presiden RI Indonesia ke-3 ini terngiang kuat di ingatan ketua Perkumpulan Pengelola Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional (P2PUTN) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Ir. Kartiko Ardi Widodo, MT.,

Kartiko menukil apa yang pernah disampaikan oleh BJ Habibie mengenai kunci sukses dalam hidup. Bahwa pada prinsipnya waktu bagi semua manusia di dunia adalah sama, yakni 24 jam sehari semalam.

Namun kenyataannya ada yang sukses dan ada pula yang tidak sukses. Ternyata semua bergantung bagaimana cara kita menggunakan dan memanfaatkan waktu tersebut.

Menurut Habibie, ada tiga hal yang bisa dilakukan agar sukses, yaitu meningkatkan iman dan takwa, fokus pada ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesosialan (kemasyarakatan).

“Dalam hal ini kita harus fokus, fokus, dan fokus. Kalau mau sukses harus berpikir dan bertindak fokus pada program dan rencana yang sudah matang tersusun,” kata alumni Universitas Brawijaya (UB) ini.



Pewarta: Rida Ayu
Foto: itn.ac.id
Penyunting: Fia