Kuasa Hukum Bos Abu Tours Nyaris Walk Out

JawaPos.com- Kuasa hukum Bos Abu Tours Hamzah Mamba, Hendro Saryanto nyaris walk out (WO) atau keluar dari ruang sidang. Pihaknya kecewa karena agenda pembacaan tuntutan terhadap kliennya kembali ditunda, Jumat (18/1).

Seusuai dengan jadwal, sidang hari ini sedianya digelar untuk membacakan tuntutan kepada Hamzah Mamba. Namun, lagi-lagi karena ketidaksiapan Jaksa Penunutut Umum (JPU), sidang kembali ditunda dua hari berturut-turut.

Sidang berlangsung kurang dari 10 menit. Ketua Majelis Hakim Denny Lumban Tobing menyetujui permintaan JPU agar pembacaan tuntutan ditunda hingga 21 Januari mendatang.

“Kami sebenarnya tadi sudah mau WO tadi. Kami nanti akan lihat, karena kami juga harus punya waktu untuk mengajukan pledoi. Jangan sampai nanti ini (penundaan sidang) tidak fair buat kami. Itu yang kami minta tadi, supaya majelis hakim bisa fair,” tegas Hendro selepas sidang.

Hendro mengkahwatirkan penguluran waktu pembacaan putusan bisa berimbas kepada persiapan penyusunan pledoi. “Kami juga butuh waktu untuk menyusun, mempersiapkan itu (pledoi). Jangan sampai nanti setelah tuntutan ada desakan lagi untuk percepatan pledoinya,” terangnya.

Ditundanya pembacaan tuntutan ini merupakan kali kedua. Kondisi serupa juga terjadi dalam sidang Kamis kemarin (17/1). JPU berdalih, masih menunggu petunjuk dari Kejaksaan Agung (Kejagung) agar putusan dibacakan. “Kami belum bisa bergerak kalau petunjuknya belum diterima. Kami sudah ada berkasnya (tuntutan), jadi tinggal petunjuk saja,” kata perwakilan tim JPU, jaksa Darmawan Wicaksono.

Darmawan mengatakan, sejauh ini pihaknya masih terus berkonsultasi dengan Kejagung. Dipastikan jika petunjuk Kejagung sesuai dengan mekanisme internal telah dikeluarkan, pembacaan putusan terhadap Hamzah Mamba segera dibacakan. “Tinggal tunggu itu saja. Senin itu paling lama, jadi akan langsung kami bacakan,” pungkas Darmawan.

Editor           : Dida Tenola

Reporter      : Sahrul Ramadan