KPU Tetapkan Sutiaji Sebagai Wali Kota Malang

MALANG KOTA – Pasangan calon Wali Kota Malang nomor urut 3 Sutiaji dan Sofyan Edi Jarwoko resmi ditetapkan sebagai wali kota dan wakil wali kota Malang. Hal itu di paparkan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Malang dalam rapat pleno terbuka, Kamis (26/7) di Hotel Santika.

Zaenudin, Ketua KPU Kota Malang menyampaikan masa penetapan paslon tersebut resmi ditetapkan hari ini setelah penetapan dari sidang MK (Mahkamah Konsititusi) bahwa KPU Kota Malang tidak ada gugatan. “Setelah penetapan dari MK, kita punya waktu maksimal 3 hari untuk penentapan. Hari ini (26/7), paslon terpilih kami tetapkan sebagai wali kota dan wakil wali kota Malang 2018-2023,” ujarnya.

Ia menambahkan tugas KPU Kota Malang dalam hal ini sudah selesai. Semua berkas pilkada 2018 akan diserahkan kepada para pihak terkait. “Semua berkas akan kita serahkan ke DPRD Kota Malang, KPU RI. Nanti DPRD Kota Malang akan melakukan proses pengusulan pelantikan calon terpilih. Tugas kita sudah selesai sampai penetapan calon terpilih,” imbuhnya.

Sementara itu, AKBP Asfuri, Kapolres Malang Kota menilai kinerja KPU Kota Malang dalam pelaksanaan pilkada telah berjalan dengan baik. Situasi keamanan juga berjalan aman, lancar, dan kondusif.

“Semuanya telah berjalan aman, lancar, dan kondusif. Saya sampaikan selamat kepada paslon terpilih wali kota periode 2018-2023, ini adalah amanah. Dan bagi paslon yang belum terpilih jangan berkecil hati, kegagalan bukan untuk secara terus menerus, masih ada kesempatan 5 tahun mendatang silahkan nanti bisa untuk mencalonkan kembali,” tandasnya.

Pewarta: Arifina
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Arifina