KPU Tanjungpinang Sosialisasikan Pelaporan Dana Kampanye

KPU Tanjungpinang

RADAR MALANG ONLINE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang melakukan sosialisasi terkait tata cara pelaporan penggunaan dana kampanye. Ini untuk menuntun apa-apa saja yang harus dilaporkan pasangan calon setelah pelaksanaan kampanye.

Dengan adanya arahan tersebut diharapkan tidak terjadi kesalahan setelah hasil laporan nantinya diaudit. “Mudah mudahan setelah ada sosialisasi ini, pasangan calon dapat memahami dengan baik cara melaporkan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye. Karena terlambat melaporkan dari jadwal yang ditetapkan, sanksinya bisa berat,” kata Ketua KPU Kota Tanjungpinang Robby Patria, Sabtu (26/5).

Setelah menerima laporan dana kampanye pasangan calon, KPU Tanjungpinang akan menyerahkannya kepada Kantor Akuntan Publik (KAP) yang ditunjuk. Tujuannya untuk dilakukan audit.

KAP akan melakukan audit lebih kurang dua minggu. Pemeriksaannya meliputi seluruh pengeluaran dan penerimaan sumbangan dana kampanye.Termasuk apakah ada sumbangan yang dilarang diterima pasangan calon misalnya dari luar negeri. “Kami harapkan semua syarat bisa dipenuhi oleh tim pasangan calon dalam melaporkan dana kampanye dengan rincian yang dapat diterima,” ujar Robby.

(bbi/JPC)