KPU Solo Gelar Salat Gaib

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo menggelar salat gaib untuk anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia. Salat gaib yang diikuti oleh komisioner KPU ini diadakan di aula kantor KPU Solo, Jumat (26/4).

Komisioner KPU Bidang Perencanaan Data dan Informasi Kajad Pamuji usai menjadi imam salat gaib mengungkapkan, bahwa pihaknya sangat berduka atas meninggalnya anggota KPPS selama penyelenggaraan Pemilu. Dengan adanya salat gaib ini, Kajad berharap, agar seluruh amal ibadah almarhum diterima Allah SWT.

“Kegiatan ini menjadi pengingat kita semua terhadap perjuangan anggota KPPS maupun petugas pengamanan yang telah bertugas selama penyelenggaraan Pemilu. Dan semoga yang meninggal mendapatkan tempat terbaik dan amal ibadahnya diterima Allah SWT,” terang Kajad.

Kajad menambahkan, pihaknya juga memberikan apresiasi terhadap para petugas baik KPPS maupun pengawas yang sudah bekerja dalam melaksanakan tugas negara. Dan hal itu tidak lain adalah untuk menghadirkan proses demokrasi di Indonesia yang jujur, damai serta adil. Dari data yang ada, sampai saat ini jumlah anggota KPPS yang meninggal mencapai 225 orang.



“Selain itu masih ada 1.470 anggota KPPS lain yang masih menjalani perawatan karena sakit setelah bekerja selama Pemilu,” ungkapnya. Sementara itu, di Solo sendiri sampai saat ini ada dua anggota KPPS yang meninggal dunia. Sementara yang sakit dan masih dirawat di rumah sakit ada belasan orang.