KPU Mulai Siapkan Sosialisasi Pemilu 2019

MALANG KOTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang bakal turun ke kelurahan untuk sosialisasi Pemilu 2019. Kegiatan ini bakal dilakukan mulai awal 2019.

Ketua KPU Kota Malang Zaenudin menyatakan, pihaknya bakal bekerja sama dengan pelaksana pemilu di tingkat kelurahan. Hal ini dilakukan agar edukasi politik di tingkat bawah bisa lebih efektif lagi. ”Kami akan gandeng teman-teman di tingkat kelurahan untuk sosialisasi,” kata pria asal Banyuwangi ini.

Perlu diketahui, partisipasi masyarakat pada Pilwali 2018 pada 27 Juni lalu sekitar 64 persen. Padahal, target secara nasional mencapai sekitar 70 persen.

Dia yakin, sosialisasi dengan menggandeng kelurahan lebih efektif. Karena mengena dan bertatap muka langsung dengan calon pemilih. ”Kami rasa lebih efektif kalau ngobrol langsung dengan warga,” tambahnya.

Selain kelurahan, pihaknya juga menggandeng beberapa komunitas di Kota Malang. ”Teman-teman komunitas anak muda banyak yang ikut kegiatan di tempat tinggalnya. Jadi, bisa menyampaikan hasil sosialisasi,” terang pria yang tinggal di Kota Malang sejak sekitar 1990 ini.

Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi melalui media massa. Peran media diharapkan bisa menyasar lembaga pendidikan. Seperti perguruan tinggi (PT) dan SMA/SMK/MA. Sebab, pelajar SMA/SMK/MA berpotensi menjadi pemilih pemula. ”Semua cara harus dilakukan agar partisipasi pemilih bagus,” tambahnya.

Pewarta: Imam Nasrodin
Copy Editor: Dwi Lindawati
Penyunting: Mahmudan