KPU DKI Jakarta Akan Lakukan Pemungutan Suara Ulang di 3 TPS

JawaPos.com – Kecurangan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Ibu Kota Jakarta, ternyata akan ditindaklanjuti dengan Pemungutan Suara Ulang (PSU). Setidaknya ada tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan diulang.

Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos menyatakan dari belasan TPS yang berpotensi melakukan PSU, pihaknya akan melakukan PSU hanya pada 3 TPS.

“Sampai detik ini kami masih nerimanya 3 (TPS) dari Panwascam. Nah 3 itu, 2 di Jakpus, 1 Jakut sampai detik ini ya, yang pasti baru itu,” jelasnya di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (24/4).

Betty menyampaikan pengulangan tersebut dilakukan atas dasar bukti yang dilaporkan ke Bawaslu DKI Jakarta. Sehingga, pada Sabtu ini pihaknya akan melakukan PSU di tiga TPS.

“Berdasarkan penelitian mereka ada beberapa pemilih di luar daerah menggunakan e-ktp, tapi bukan dptb. Sudah ada rekomendasi tentu kita siapkan, Sabtu InsyaAllah,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Divisi Hukum dan PenangananPelanggaran Bawaslu DKI Jakarta Puadi menyatakan, bahwa dari 1 kabupaten dan lima kota di Jakarta pihaknya mencatat ada 160 laporan pelanggaran pemilu.

“Laporan pelanggaran saat pemungutan suara ada 160 di seluruh penjuru ibu kota,” ujar Puadi saat dikonfirmasi JawaPos.com, Senin (22/4).

Dari seluruh wilayah Jakarta adapun KPU DKI telah menyiapkan 151 TPS. Namun sesuai laporan, ada 19 TPS yang berpotensi diadakan pemungutan suara ulang.