KPU dan Disdukcapil Rekam KTP-el Penghuni Lapas Anak

KPU dan Disdukcapil Rekam KTP-el Penghuni Lapas Anak

Hal itu dilakukan karena, KPU Kota Medan ingin memastikan seluruh penghuni Lapas punya hak pilih pada Pemilihan Gubernur Sumut Juni mendatang. Disdukcapil Medan melakukan pendataan penghuni Lapas yang berdomisili di Kota Medan.

“Kita melakukan pendampingan proses perekaman KTP-el yang dilakukan Disdukcapil Kota Medan,” kata Ketua KPU Kota Medan Herdensi Adnin. Kamis (5/4) di Medan.

Penghuni Lapas Anak Tanjung Gusta mengikuti perekaman data KTP-el. Kamis (5/4).
(Prayugo Utomo/RADAR MALANG ONLINE)

Perekaman KTP-el akan dilakukan secara bertahap sampai nantinya seluruh penghuni Lapas akan mendapatkan surat keterangan yang digunakan untuk melakukan pemilihan.

Sebelumnya, KPU sudah meminta data dari Lapas untuk warga binaan yang sudah memiliki hak pilih. Data itu kemudian diserahkan ke Disdukcapil Kota Medan.



“Kita mendorong agar Disdukcapil melakukan perekaman KTP-el. Memang sudah ada niatan dari dinas untuk melakukan perekaman,” katanya.

Informasi yang dihimpun, sebanyak 24 ribu warga binaan di Sumatera Utara belum melakukan perekaman KTP-el. Mereka terancam tidak bisa ikut dalam pemungutan suara Juni mendatang.

(pra/JPC)


(pra/JPC)