Kota Batu Berbenah Jelang Jadi Tuan Rumah Pencanangan GN PDAS

KOTA BATU – Program pemerintah pusat tentang Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GN PDAS) yang akan diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Batu dipilih sebagai hulu Daerah Aliran Sungai (DAS). Hal ini dikarenakan Kota Batu memiliki DAS Brantas yang merupakan satu dari 15 DAS prioritas nasional sehingga pencanangan yang akan digelar pada 4-5 Desember ke depan akan ditempatkan di AMKE (Area Model Konservasi dan Edukasi).

“Oleh sebab itu kami saat ini meninjau lokasi yang akan digunakan. Kami adakan perbaikan di beberapa titik,” terang Wakil Walikota Batu Punjul Santoso. Ia juga mengungkapkan pemkot dari saat ini hingga beberapa hari ke depan akan mempersiapkan penentuan titik parkir, persiapan rest area, dan perbaikan lampu mati.

Lebih lanjut, Punjul menjelaskan terpilihnya DAS Brantas di Kota Batu merupakan penunjukan langsung dari KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) karena hulu dari DAS Brantas mengaliri 14 kota/kabupaten di Jawa Timur. Oleh sebab itu dengan program GN PDAS yang akan diresmikan secara langsung dari Presiden Republik Indonesia diharapkan bisa menjadi motor bagi seluruh unsur masyarakat bisa menjaga kesehatan kawasan Hulu DAS Brantas.

“Apalagi di Gunung Arjuno sempat terjadi kebakaran yang cukup hebat. Jadi seluruh unsur masyarakat harus menjaga kawasan DAS Brantas dengan menanam pohon dan lain sebagainya,” beber Punjul. Ia juga berharap dengan peninjauan yang dilakukan sejak hari ini bisa membuat Kota Batu menjadi lebih siap terhadap program nasional tersebut.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Penyunting: Fia