Kota Batu Bakal Miliki Kecamatan Baru, Ini Target Waktunya

KOTA BATU – Mengacu Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, sebuah kota harusnya memiliki empat kecamatan. Di Kota Batu saat ini, jumlah kecamatannya baru tiga.

Tiga kecamatan itu adalah Batu, Bumiaji, dan Junrejo. Karena itu, Kota Batu sampai saat ini masih menyandang status sebagai kota administratif.

“Syarat menjadi pemerintah definitif pada suatu daerah harus memiliki 4 kecamatan dan saat ini Kota Batu masih memiliki 3 kecamatan,” kata Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Kamis (19/9).

Namun, Punjul menengaskan bahwa tak lama lagi, Kota Batu bakal memiliki empat kecamatan. Artinya, akan ada satu tambahan kecamatan baru di kota wisata ini.

Punjul mengatakan, pembentukan kecamatan baru ini sejatinya merupakan rencana lama. Namun terhambat karena beberapa hal.



Termasuk adanya himbauan dari Kemendagri agar daerah tidak melakukan pengembangan atau penggabungan wilayah sebelum Pemilu 2019.

Selepas pemilu, Pemkot pun kembali mengkaji renana itu lag.

“Selain itu saat ini Kota Batu sudah lebih berkembang. Di Kelurahan Sisir saja sudah ada 23 ribu penduduk dan di Ngaglik ada 20 ribu penduduk,” imbuh Punjul.

Kelurahan yang penduduknya sudah padat itu harusnya dipecah. Menjadi kelurahan baru, yang nantinya menjadi jalan untuk membentuk kecamatan baru.

Disinggung terkait target, Punjul mengupayakan pengembangan Kecamatan ke 4 ini bisa selesai sebelum akhir masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Editor : Indra M