Kostum Duyung, hingga Celana Big Size, Inilah Donasi Pakaian Aneh yang Diterima Korban Gunung Taal Filipina

 

ZETIZENID – Pada awal tahun 2020 kemarin, bencana letusan gunung berapi terjadi di Filipina. Gunung Taal memuntahkan lahar panas dan abunya menyebar hingga 15 km di sekitarnya. Sementara itu, fenomena kilatan dan petir yang mengerikan juga mengikuti bencana yang sempat menghebohkan dunia ini.

Biasanya, raut kesedihan dan kehancuran akan menjadi suasana yang dominan pasca terjadi bencana alam. Namun, pengungsi yang terdampak bencana erupsi Gunung Taal di Filipina ini punya cara unik untuk menghibur diri.

Baru-baru ini, viral foto-foto para pengungsi yang mengenakan kostum aneh nan nyentrik. Mulai dari pria-pria yang mengenakan gaun malam, setelan jas metalik formal, kaos dan celana ekstra besar, hingga kostum duyung.

Dikutip dari Vice Asia (23/1), kompilasi foto kekocakan itu ternyata merupakan baju-baju yang didonasikan pada pengungsi. Foto tersebut diunggah oleh pengguna Facebook bernama Malick James Hilado yang mendapat ribuan like dan share, serta ratusan komentar.

Jika diambil positifnya, para pengungsi ini menerima situasi tersebut dengan menjadikannya hiburan. Namun, di sisi lain, hal ini menjadi sebuah ‘tamparan’ bagi para donatur yang kadang tak ingin repot-repot memilah sumbangannya.

Pasalnya, jika donatur terus mengirimkan barang-barang yang tak layak untuk dikenakan para pengungsi bencana, yang terjadi adalah makin menumpuknya sampah di area terdampak dan menambah ‘urusan’ untuk para korban ini.

Berikut merupakan beberapa hasil kompilasi foto tersebut. Menurutmu, mana yang paling kocak?

Penulis: Ananda Triana
Foto: Vice / Facebook Malick James Halido