Kostruksi Sarang Laba-Laba Terbukti Tahan Gempa

Konstruksi sarang laba-laba yang patennya dipegang PT Katama Suryabumi akan menjadi bahan disertasi program doktor Sularto yang kini tercatat sebagai pengajar teknik sipil Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa, Banten.

“Saya tertarik untuk meneliti kekuatan konstruksi ini di Universitas Negeri Padang yang mampu menahan bangunan di atasnya saat terjadi gempa di Kota Padang beberapa waktu lalu,” kata Sularso dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (24/11).

Lewat proses seleksi yang cukup ketat, Sularso berhasil lolos mendapatkan bea siswa untuk ikut program doktor di UTC.

Untuk persiapan disertasi doktornya, Sularso aktif mengumpulkan data teknis pendukung yang akan dipergunakan untuk riset termasuk referensi dari disertasi program doktor mengenai konstruksi sarang laba-laba yang sudah ada.



Dia berharap dari riset yang akan dilakukannya akan ada banyak hal baru dari riset konstruksi sarang laba-laba yang akan dikerjakan di UTC nantinya. Salah satu fokus penelitian nantinya adalah optimasi pada konstruksi sarang laba-laba.

“Program doktor ini mencari hal yang baru mengenai konstruksi sarang laba-laba. Saya akan fokus kepada optimasi konstruksi sarang laba-laba sebagai pondasi dangkal,” jelas dia.

Selama mengikuti pendidikan doktor di UTC Perancis, Sularso akan mendapat bimbingan dari Profesor Jean Louis Batoz.

Profesor Jean Louis Batoz sendiri berkesempatan berkunjung ke kantor PT Katama Suryabumi untuk mengetahui lebih jauh mengenai konstruksi sarang laba-laba yang akan menjadi disertasi dari Sularso.

Profesor Batoz mendengar langsung presentasi dari PT Katama Suryabumi mengenai berbagai aplikasi konstruksi sarang laba-laba baik itu untuk bangunan tahan gempa, parkir pesawat (apron dan taxi way), tempat penimbunan, jalan, dan beberapa aplikasi lainnya.

Profesor Batoz mengaku kagum dengan penemuan bangsa Indonesia soal konstruksi sarang laba-laba. Menurut dia banyak konstruksi yang sudah dipelajari, hal ini dapat menjadi tambahan wawasan dalam bidang keilmuan.


(nas/JPC)