Kontrak Streamer Twitch dan Microsoft Dikabarkan Mencapai Rp 1,4 Triliun

MALANG – Tyler “Ninja”, streamer Fortnite di Twitch, berhasil meraup pendapatan hingga $ 10 juta atau sekitar Rp 142 miliar tahun lalu. Namun, tahun ini Microsoft bisa mengikat kontrak dengan streamer tersebut untuk berpindah ke platformnya. Kabar ini mengejutkan sekaligus membuat penasaran dengan berapa nilai kontrak berjangka tiga tahun tersebut.

Melansir pemberitaan Dot Esports, Senin (5/8), belum ada kabar secara rinci mengenai kontrak tersebut. Namun, banyak streamer Twitch lain yang mengutarakan spekulasi masing-masing. Di antaranya memperkirakan kontrak tersebut bernilai $ 6 dan $ 8 juta atau senilai dengan Rp 85 atau Rp 114 miliar per tahun.

Tetapi angka itu bisa jauh lebih tinggi dari itu. Menurut YouTuber Daniel “KEEMSTAR” Keem, banyak rumor mengatakan kalau Ninja mungkin telah mendapatkan $ 100 juta atau senilai Rp 1,4 triliun dari kesepakatan Mixer-nya. KEEM mengatakan belum ada konfirmasi tentang benar atau tidaknya rumor ini.

Terlepas dari perkiraan tersebut, hanya Ninja dan Mixer yang dapat mengkonfirmasi apa kesepakatan itu dan berapa banyak uang yang terlibat. Sejauh ini, tidak ada yang terungkap atau bocor, jadi kami harus tetap menggunakan perkiraan ini untuk saat ini.

Penulis: Risma Kurniawati
Foto: Istimewa