Konten Komedi Paling Disukai di Platform Video on Demand

JawaPos.com – Tren konten hiburan saat ini tak dapat dipungkiri telah beralih ke digital, yakni melalui platform Video on Demand (VoD). Malahan, ‘mengonsumsi’ konten hiburan via platform VoD disebut-sebut lebih mewakili personaliti dan keinginan pengguna.

Di Indonesia, ada banyak penyedia platform VoD, salah satunya Hooq. Country Head Hooq Indonesia Guntur Siboro mengamini pergeseran tren konten hiburan tersebut. Menurutnya, migrasi konsumsi konten dari sebelumnya lebih banyak di TV dan beralih ke digital adalah keniscayaan.

“Ya, memang trennya ke arah sana. Dulu mungkin lebih banyak free to air, dari satelit ke TV-TV. Tapi sekarang kan bisa langsung ke smartphone, lebih mudah,” ujarnya di Jakarta, Senin (26/8).

Selain lebih mudah, tren konten hiburan di platform VoD juga dilandasi anggapan bahwa konten di platform tersebut lebih beragam. Adapun, konten-konten favorit di platform VoD, menurut Guntur, adalah komedi, horor, dan drama romantis.



Saat ini untuk konten komedi menjadi paling populer. Hal inilah yang menginisiasi Hooq, Telkomsel MAXStream, dan Singtel untuk menyelenggarakan kompetisi stand up comedy. Kompetisi tersebut dikatakan bakal menjaring talenta stand up comedy baru di Indonesia dengan tajuk Stand Up Battle Indonesia 2019.

“Audisi stand-up comedy dapat diikuti baik secara offline maupun online untuk membuka kesempatan yang lebih luas kepada komika berbakat di seluruh Indonesia,” ujar Vice President Branding and Marketing Communications Telkomsel Nirwan Lesmana dalam kesempatan yang sama.

Kolaborasi Telkomsel MAXStream dengan Singtel dan Hooq ini juga diklaim yang pertama diselenggarakan melalui platform digital. “Biasanya kan di TV, kali ini kami buat di platform digital,” lanjutnya.

Nirwan melanjutkan, saat ini sudah ada 2.000 lebih kontestan yang siap mengikuti kompetisi. Adapun para peserta dijaring dari seleksi di empat kota besar, yakni Jakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar. Kontestan Stand Up Battle Indonesia 2019 akan mengikuti tahap audisi, eliminasi, dan final.

“Untuk mengakomodasi tingginya minat masyarakat terhadap stand-up comedy, Stand Up Battle Indonesia 2019 kami Iuncurkan untuk semakin memperkaya varian konten berkualitas di MAXstream. Tayangan ini tidak hanya menghibur namun juga dapat memberikan inspirasi agar talenta-talenta kreatif di Indonesia dapat terus mengeksplorasi bakat dan kreatifitasnya,” jelasnya.