Komunitas Matra (Malang Trail Runners), Lari ke Mahameru Cuma 6 Jam

MALANG KOTA – Perlu kekuatan fisik luar biasa bagi Anda yang ingin bergabung dengan komunitas Matra (Malang Trail Runners) ini. Bagaimana tidak, untuk mencapai puncak Gunung Mahameru, komunitas ini hanya butuh waktu enam jam. Jadi, pulang pergi dari Ranupani hingga Mahameru hanya butuh waktu 12 jam. Sedangkan untuk sekali berjalan saja butuh waktu 24 jam.

Usia para anggota komunitas ini rata-rata kepala tiga atau berumur 30 ke atas. Namun, karena sudah hobi, ada juga yang berumur 64 tahun dan masih aktif. ”Karena memang asyik,” kata Welly Brianto, 64, salah seorang anggota yang rambutnya sudah memutih itu.

”Gunung di Jawa sepertinya sudah dilewati bersama teman-teman,” imbuhnya. Dan, yang menjadi track favorit, kata dia, tentu gunung di Malang. Ada Bromo, coban to coban, dan semua gunung yang mengitari Malang. Mereka setiap minggu latihan serius naik gunung.

Dia melanjutkan, gunung-gunung di Malang sudah menjadi teman bermain bagi anggota Matra. Bahkan untuk berangkat hingga pulang dari Ranupani ke Puncak Semeru hanya dibutuhkan 12 jam. Waktu yang jauh dari kata normal bagi pelari road atau pendaki.

”Bekal kami hanya latihan itu. Karena memang ada yang hampir setiap hari latihan lari di medan menanjak,” terangnya.

Bahkan, tidak hanya Welly yang jago lari di medan menanjak. Putranya yang masih berusia 13 tahun, Romeo Alif, kata dia, sudah pernah mencicipi trail running di gunung tertinggi di Lombok, Rinjani.

”Anak saya atlet sepatu roda, tapi dia juga suka olahraga lari. Dua tahun lalu kami lari ke puncak Rinjani,” tuturnya.

Selain itu, Wakil Koordinator Mantra Ivan Citra Wijaya menyatakan, selain hanya lari karena hobi, sejumlah anggota kadang dimintai pertolongan tim SAR (search and rescue) ketika membutuhkan bantuan.

Pewarta: Fajrus Shiddiq
Penyunting: Irham Thoriq
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Dokumentasi Malang Trail Runners