Komposisi Bunga Seimbang, Pantas Menang

KOTA BATU – Berbagai kegiatan menarik tersaji dalam rangkaian pameran anggrek nasional bertajuk Shining Orchid Week 2017 di Gedung Pancasila, kompleks Balai Kota Among Tani, kemarin (7/8). Kegiatannya seperti lomba menghias bunga dan hias anggrek.

Total ada 28 tim yang berpartisipasi dalam kegiatan yang digagas Dinas Pertanian Kota Batu bekerja sama dengan Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kota Batu tersebut.

”Kegiatan ini bagus. Bisa buat tambah pengalaman merangkai bunga,” kata Yuliati, salah satu peserta dari Desa Bumiaji, Kecamatan Batu, di sela-sela mengikuti lomba kemarin.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan Novianto S.P. menyatakan, ada beberapa kriteria yang dinilai pada lomba kemarin. Yaitu, kreativitas, komposisi warna, bentuk rangkaian bunga, dan originalitas.

Namun, dia melanjutkan, peserta bisa menambah bunga-bunga lain agar lebih harmonis dan serasi. ”Yang nggak boleh adalah menambah ornamen plastik (bunga sintetis). Komposisi bunganya juga harus seimbang (antara anggrek dan lainnya, Red),” ucap dia.

Terpisah, Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kota Batu Yayat Supriatna menyatakan, kegiatan ini untuk mewadahi kreativitas warga. Sehingga, keterampilan petani bunga lokal bisa bersaing.

”Supaya mereka nggak pandai menjual saja, tapi juga (bisa) merangkai bunga,” ungkapnya. Acara ini dimulai kemarin hingga 13 Agustus mendatang.

Pewarta: Dian Kristiana
Penyunting: Imam Nasrodin
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Rubianto