Kloter Pertama Diberangkatkan Hari Ini, CJH Kabupaten Malang Terbanyak se-Jatim

MALANG – Lantunan adzan dan iqomah mengiringi pemberangkatan kloter pertama Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Malang. Tangisan pun pecah dari para pengiring total 101 orang CJH dari total 2287 CJH Kabupaten Malang yang tadi pagi dilepas langsung di Kantor Kemeterian Agama Kabupaten Malang daerah Gadang, Kota Malang, Kamis, (11/7). Jumlah CJH di Kabupaten Malang tahun ini disebut Kepala Kemenag Kabupaten Malang, Dr H Musta’in, MAg terbanyak se provinsi Jawa Timur.

“Ada 6 kloter, oleh karena itu bila dihitung secara jumlah lengkap, jamaah haji Kabupaten Malang ini terbesar se-Jawa Timur di antara Kabupaten-Kota se Jawa Timur,” kata Musta’in didalam sambutannya.

Kloter 17 CJH Kabupaten Malang yang pagi ini berangkat bakal digabung dengan CJH kloter pertama asal Kota Malang untuk pemberangkatan serentak. “Pagi ini mereka dilepas ke Asrama Haji Sukolilo, Surabaya untuk besok berangkat ke Madinah,” tukas Kepala Kemenag Kabupaten Malang, Dr H Musta’in, MAg.

Wakil Bupati Malang, HM Sanusi yang dijadwalkan hadir urung memberikan sambutan karena sedang ada urusan di luar kota. Maka dari itu, sambutannya diwakilkan langsung kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan (II) Setda Kabupaten Malang, Abdurahman. Besok, di pemberangkatan kloter kedua, Sanusi kemungkinan bakal hadir.



“Untuk kloter kedua akan dilangsungkan di Stadion Kanjuruhan dan Lawang, Kabupaten Malang, besok,” tandas Musta’in. Sementara kloter ketiga hanya akan dilakukan di Lawang pada Sabtu, (13/7).

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Malang, KH Misno Fadhol Hija juga terlihat hadir dan memimpin doa mengiringi keberangkatan CJH pada acara pagi tadi. Tangis haru pun tak terbendung dari para pengiring CJH Kabupaten Malang saat ketiga bus mulai berangkat meninggalkan gedung Kemenag Kabupaten Malang.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Elfran Vido