KKN Unikama Bantu Warga Dapatkan Pemasukan Tambahan dari Polybag

KOTA MALANG- Mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) di Kecamatan Ampelgading tak hanya fokus pada program kerja mereka sendiri. Para mahasiswa itu juga berperan aktif menyukseskan program kerja di desa tempat mereka mengabdi.

Salah satunya program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Desa Mulyosari. Kelompok beranggotakan 13 mahasiswa itu pada mulanya membantu realisasi KRPL di satu dusun saja. Yakni Dusun Sumbersuko.

“Tapi setelah bekerjasama dengan ketua KRPL, program ini dicontoh dua dusun lainnya Mulyoagung dan Mulyoasri,” ujar Koordinator kelompok KKN, Imas Asri Pangestu.

Imas menceritakan bagaiamana awalnya dua dusun itu tertarik. Selama kegiatan KKN, ia berujar, kalau anggotanya sering berkeliling untuk sosialisasi program kepada para warga di dua dusun tersebut.

“Iya selain pihak KRPL-nya, Kami juga sosialisasi,” tutur mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan ini.

Dalam sosialisasi tersebut, ia menunjukkan keunggulan dari metode tanam dengan polybag. Mulai dari mengurangi biaya penanaman, hingga menambah penghasilan.

“Kan ini (Polibag) meminimalisir pembelian bahan untuk menanam sayur yang katanya banyak obat-obatannya. Nah kalau pakai polybag ini aman dari obat-obatan dan panen pasti lancar. Penghasilan ibu-ibu juga akan bertambah,” ujar dia.

Dalam kegiatan itu, KKN Unikama bersama KRPL membagikan 3.600 polybag kepada warga di ketiga dusun. Adapun, komoditas yang ditanam warga antara lain wortel, bawang merah, dan selada.

Ia berharap, program ini mampu membantu warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Serta meningkatkan kesadaran bahwa membuat sesuatu yang bermanfaat itu bisa menggunakan media apapun,” kata dia.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Istimewa
Editor : Indra M