KKN PPM 03 UMM di Desa Sepanjang Ajak Petani Mandiri dan Gunakan Teknologi Ramah Lingkungan

Kelompok KKN PPM 03 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) saat menggelar kegiatan di Desa Sepanjang, Kecamatan Gondanglegi, beberapa waktu lalu.

MALANG KOTA – Ada dua agenda besar yang dilakukan Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM 03 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Desa Sepanjang, Kecamatan Gondanglegi. Selama dua hari, 7–8 April lalu, mereka memperkenalkan teknologi Biona atau Binatural, serta pembuatan pakan mandiri kepada para pembudidaya lele di desa tersebut.

Untuk sosialisasi teknologi Biona, KKN PPM 03 UMM bekerja sama dengan gabungan kelompok petani ikan (gapoktan) setempat.

”Teknologi Biona ini tepat untuk diterapkan di sini. Sebab, Desa Sepanjang, terutama Dusun Pidek, dikenal memiliki sumber air melimpah,” kata Ferdi Marta, ketua KKN PPM 03 UMM.

Jadi, hingga panen, pembudidaya lele tidak perlu mengganti air pada kolam. ”Bebas penggunaan antibiotik dan obat-obatan. Jadi lebih ramah lingkungan,” ujar dia.

Kemudian agenda berikutnya, di bawah arahan dosen pembimbing lapangan Ganjar Adhywirawan Sutarjo SPi MPi, kelompok KKN PPM 03 UMM menggelar pelatihan dan penyuluhan pembuatan pakan mandiri berbasis bahan baku lokal. Kelompok KKN PPM 03 UMM menggandeng Gapoktan Raja Mina dan Raja Lele.



Program pelatihan dan penyuluhan itu digelar di Balai Dusun Pidek, 8 April. ”Pelatihan ini kami adakan agar masyarakat bisa membuat pakan secara mandiri dengan menggunakan bahan baku lokal,” jelas Ferdi.

Bahan baku lokal itu di antaranya seperti bekatul yang bisa diperoleh dari tempat penggilingan padi. Lalu bisa pula memanfaatkan ikan-ikan kecil di areal persawahan.
Ferdi menyatakan, 70 persen biaya produksi biasanya digunakan untuk pengadaan pakan.

”Jadi, kalau bisa membuat pakan sendiri, maka itu bisa mengurangi biaya produksi,” ujar dia. Sebab, pakan-pakan yang tersedia di pasaran, harganya relatif mahal dan cenderung fluktuatif.

Berbagai pelatihan yang diselenggarakan kelompok KKN PPM 03 UMM ini disambut positif oleh para pembudidaya ikan lele. Lewat kegiatan ini diharapkan pembudidaya lele bisa meningkatkan produktivitasnya.

Penyunting: Indra Mufarendra
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: KKN PPM 03 UMM