Kimberly Douglas, The Girl Behind and Front of The Camera

ZETIZENID – Kimberly Douglas bukan sembarang model instagram. Perempuan asal California tersebut juga seseorang dibalik memukaunya hasil-hasil foto di Instagram @kihmberlie. Yap, tak hanya jago berpose, ia juga merangkap sebagai fotografer, creative director, tim properti, wardrobe, makeup artist hingga hair do dalam proses photoshoot yang ia lakukan.

Lewat Instagramnya, Douglas mengunggah ratusan hasil photoshoot kreatif yang ia bagikan pada 100ribu followers-nya, dilengkapi dengan referensi dan inspirasi yang kebanyakan ia temukan dari Pinterest. Uniknya, Douglas juga selalu menyertakan foto-foto di balik layar ketika ia berjuang melakukan photoshoot-nya dengan mandiri dan seringkali out-of-the-box.

Mulai dari menyulap tangga dan tumpukan buku menjadi tripod, memanfaatkan cermin, kasur, serta perabotan rumah tangga lainnya sebagai properti, hingga menjelajah seluruh sudut rumah untuk dijadikan tempat photoshoot pernah ia lakukan. Bujet minim bukan penghalang baginya. Sebaliknya, hal tersebut menjadi pendobrak ide-ide kreatif Douglas.

Kegigihan Douglas tersebut lahir karena keinginannya untuk menapak cita-citanya sejak belia, berkarir sebagai model profesional. Sayangnya, ‘The Girl Behind and Front of The Camera’ ini harus menyusuri jalur terjal dahulu. Sejak umur 18 tahun, Douglas mendaftar ke berbagai agensi di Los Angeles dan New York. Sebagai model anyaran, ia juga berusaha membangun portfolio dengan melakukan test shoot.

“Aku dengan cepat sadar bahwa ternyata biaya photoshoot itu sangat mahal,” curhatnya dalam sebuah utas Twitter. “Aku sungguh-sungguh tak punya uang saat itu,” ujarnya lagi.



Karena alasan tersebut, Douglas terpaksa harus memberdayakan dirinya untuk melakukan photoshoot-nya sendiri sembari menunggu fotografer yang mau berkolaborasi dengannya. “Tujuan utamanya adalah agar tergabung dalam agensi model, tapi aku juga sekaligus ingin menunjukkan ke orang-orang bahwa kau bisa menciptakan sesuatu yang sangat keren bahkan jika kau tak memiliki bujet besar atau peralatan mahal,” ujarnya pada Insider (23/9).

Tak pernah mendapatkan balasan dari agensi model yang ia tuju, Douglas kembali melakukan banyak photoshoot untuk mendongkrak portfolio-nya. Ia berlatih pose, ekspresi wajah, berbicara hingga kembali mendaftarkan dirinya ke lebih dari 20 agensi model di LA namun jawabannya masih sama, tidak ada.

“Setelah 5 tahun mengejar mimpi ini, aku tak percaya ini (karir modelling) ditakdirkan untukku lagi,” ujar Douglas, dikutip dari utasnya (9/10). “Mungkin aku tidak punya karir modelling tapi aku mengambil sendiri foto-foto keren diriku,” lanjutnya. Terhitung, di tahun 2018 saja, Douglas berhasil melakukan 75 photoshoot secara independen.

Meski perempuan 23 tahun ini mengaku sudah terlalu tua untuk bergabung dengan agensi dan menjadi model profesional, Douglas tetap menjajal dunia modelling dengan caranya sendiri. Lewat usahanya, ia pun berhasil menggaet banyak followers dan penggemar setia di akun media sosialnya. How inspiring!

Penulis: Ananda Triana
Foto: Twitter @kihmberlie
Penyunting: Fia